Pilih Sekolah, Playmaker Timnas U-16 Tidak Berencana Susul Kompatriotnya Trial ke Luar Negeri

Selasa, 26 September 2017 15:04 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ramadhan
© Dewo/PSSI
Hamsah Lestaluhu (no 17) saat melakukan selebrasi. Copyright: © Dewo/PSSI
Hamsah Lestaluhu (no 17) saat melakukan selebrasi.

Pasca membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 pada Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 di Thailand, Hamsa Lestaluhu memilih mudik. Namun, bukan berarti pulang ke kampung halaman dalam arti sebenarnya.

Playmaker Timnas U-16 tersebut memutuskan untuk kembali ke asrama SSB Asad 313 Purwakarta, tempat selama ini dia belajar sepakbola. Sembari menunggu panggilan Timnas U-16, pemain asal Ambon, Maluku itu fokus untuk melanjutkan pendidikan.

© Twitter@PSSI
Hamsa Lestaluhu (17) melewati hadangan pemain Singapura. Copyright: Twitter@PSSIHamsa Lestaluhu (17) melewati hadangan pemain Singapura.

"Aktivitas aku setelah di Timnas U-16 yaitu latihan sepakbola agar performa aku kembali lagi dan aku juga lanjut sekolah kelas 2 di SMAN 2 Purwakarta," ucap Hamsa Lestaluhu ketika dihubungi INDOSPORT, Selasa (26/09/17).

Selepas membawa Garuda Asia, julukan Timnas U-16, lolos ke Piala Asia U-16 tahun depan, banyak dari rekan Hamsa yang dilirik oleh klub luar negeri. Sebut saja Rendy Juliansyah dan Sutan Diego Armando Ondirano Zico yang berencana trial ke Belanda dan Brasil. Ditanyai soal kemungkinan mengikuti kompatriotnya itu, Hamsa bergeming.

© INDOSPORT/Istimewa
Hamsa Lestaluhu dan Rendy Jualisnyah. Copyright: INDOSPORT/IstimewaHamsa Lestaluhu dan Rendy Jualisnyah.

"Perasaan aku sangat senang bisa membawa Timnas U-16 lolos ke Piala Asia. Tapi, aku mau fokus sekolah dulu. Dan belum ada tawaran trial ke luar negeri," ujar Hamsa.

Hamsa masih belum tahu kapan mendapat panggilan untuk berkumpul lagi bersama rekan-rekannya sesama pemain Timnas U-16. Untuk itu, dia memilih berlatih bersama klub sepakbolanya untuk menjaga kebugaran.

"Aku belum tahu kapan kumpul lagi bersama Timnas U-16. Aku juga sambil bermain sepakbola di Academy Asad 313 Purwakarta," pungkas Hamsa.