Rutin Jalani Terapi, Muhammad Riyandi Masuk Meja Operasi

Sabtu, 30 September 2017 10:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT/indonesiansc.com
Muhammad Riyandi kiper Timnas U-19 yang dipanggil Luis Milla. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT/indonesiansc.com
Muhammad Riyandi kiper Timnas U-19 yang dipanggil Luis Milla.

Nasib kiper Timnas Indonesia U-19, Muhammad Riyandi yang mengalami cedera parah di Piala AFF U-18 lalu kini akan segera memasuki tahap baru. Pemain muda milik Barito Putera itu menjelaskan ia akan naik meja operasi pada pekan depan di Jakarta.

Saat ini, Riyandi mengakui tengah rutin melakukan terapi dan kondisinya sudah cukup baik meski masih terkadang masih merasakan nyeri seperti diungkapkan Dokter Timnas U-16, Ifran Akhmad.

"Sekarang sedang therapy sebelum operasi. Insa Allah minggu depan operasinya di Rumah Sakit Royal Progres Jakarta. Mohon doanya," ujar Riyandi.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETMuhammad Riyandi.

Operasi tersebut memang dibutuhkan lantaran sesuai hasil MRI di RS Shwe Gon Dine, Yangon, Myanmar awal bulan ini, Riyandi dikabarkan mengalami cedera Complete ACL Tear (Right) dan Tear Meniscus (Right). Diperkirakan butuh waktu 6 bulan bagi Riyandi untuk sembuh total.

Sementara itu, semua pembiayaan sudah ditanggung oleh PSSI dan saat ini Riyandi sudah diinapkan di apartemen untuk menghemat jarak dan waktu apabila ia membutuhkan pertolongan. 

Dengan kondisi cedera tersebut, Muhammad Riyandi sudah dipastikan absen saat rekan-rekannya di Timnas U-19 mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 akhir bulan depan di Korea Selatan. Posisinya saat ini digantikan oleh Rakasurya Handika dan Adi Satrio.

Khusus Rakasurya Handika, ia sejatinya bukan muka baru di Timnas U-19. Ia bahkan sudah bermain Egy Mualana Cs, sebelum akhirnya dicoret pelatih Indra Sjafri pada awal Agustus lalu lantaran dinilai kalah saing. Ketika itu ia dipulangkan bersama dua rekannya yakni Nicholas Pambudi (belakang), dan Charalambos Elias David (striker).

574