Kritik Referendum Catalunya, Las Palmas Pakai Seragam Khusus Saat Lawan Barcelona

Minggu, 1 Oktober 2017 19:19 WIB
Penulis: Nindhitya Nurmalitasari | Editor: Agus Dwi Witono
© Las Palmas
Seragam dengan bendera Spanyol yang dipersiapkan Las Palmas untuk bertandang ke Barcelona. Copyright: © Las Palmas
Seragam dengan bendera Spanyol yang dipersiapkan Las Palmas untuk bertandang ke Barcelona.

Las Palmas akan bertamu ke kandang Barcelona, Camp Nou, untuk pertandingan pekan ketujuh La Liga Spanyol musim 2017/18. Laga ini sendiri akan tersaji pada Minggu (01/10/17) malam ini. 

Jelang pertandingan tersebut, Las Palmas telah mempersiapkan seragam khusus. Melalui pengumuman di laman resmi klub, mereka menyatakan bahwa skuat Pako Ayestaran akan menggunakan jersey yang dilengkapi dengan lambang bendera Spanyol.

Tindakan ini ditujukan untuk mengkritik referendum yang menuntut kemerdekaan wilayah Catalunya dari Spanyol. Las Palmas mengaku ingin menunjukkan posisi mereka yang mendukung persatuan Spanyol.

"Hari ini, UD Las Palmas berkunjung (ke Camp Nou), pada hari yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara kita. Pada hari di mana pemerintah Catalan mengadakan referendum di luar kerangka hukum Spanyol," bunyi pengumuman tersebut.

"Kami telah memutuskan untuk menambahkan bendera Spanyol kecil di baju kami hari ini, 1 Oktober 2017. Untuk menunjukkan harapan kami di masa depan bagi negara ini dan bagi mereka yang hidup di dalamnya. Hari ini yang kami lakukan sangat sederhana. Dengan bendera Spanyol tertempel di baju kami, kami ingin memberikan suara tegas dalam situasi ini, tanpa diperintahkan siapa pun, bahwa kami percaya pada persatuan Spanyol," demikian pernyataan Las Palmas soal referendum Catalunya.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Barcelona vs Las Palmas. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTBarcelona vs Las Palmas.

Sebagai informasi, saat ini wilayah Catalunya sedang bergejolak dengan aksi referendum yang dilaksanakan masyarakat setempat. Pemerintah Spanyol sendiri telah menegaskan bahwa proses referendum ini sebagai sebuah kegiatan ilegal dan dilarang. 

Pertandingan yang berlangsung malam ini akan menjadi laga yang penuh perjuangan dari Las Palmas yang bertengger di posisi ke-15 klasemen sementara La Liga. Mereka juga belum pernah berhasil menuai satu pun kemenangan saat bersua Blaugrana.

425