Liga 1

Persipura 0-1 MU, Mutiara Hitam Tersungkur di Mandala

Minggu, 1 Oktober 2017 15:41 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Babak Pertama

Persipura membawa ambisi meraih kemenangan saat menjamu Madura United, Minggu (01/10/17). Pasalnya, tambahan tiga poin akan membuat mereka menggeser posisi tim tamu dari klasemen sementara Liga 1. Saat inI Persipura berada di posisi ke-5 dengan 47 poin. Tertinggal 1 poin dari MU yang berada di peringkat ke-4.

Tak heran, jika para pemain Persipura langsung mengawali pertandingan dengan serangan yang gencar. Tampil di hadapan pendukung mereka di Stadion Mandala, Jayapura, Tim Mutiara Hitam tak ingin Tim Sape Kerrab punya kesempatan mengembangkan permainan. Dalam cuaca yang cukup terik, serangan demi serangan terus dilancarkan Boaz Solossa dkk. Tapi belum ada peluang emas yang tercipta. 

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pemain Madura United, Slamet Nurcahyo. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPemain Madura United, Slamet Nurcahyo.

Berada dalam tekanan tuan rumah, skuat Madura United tetap tenang. Sesekali serangan balik cepat dilakukan untuk membongkar pertahanan Persipura Jayapura. Hingga akhirnya MU mendapat peluang mengirimkan umpan ke kotak penalti Persipura yang jatuh tepat di kaki Slamet Nurcahyo. Penyerang MU ini kemudian melakukan tendangan ke arah gawang Persipura.

Tendangan Nurcahyo sempat diblok kiper Yoo Jae Hoon. Namun, bola liar memantul tepat ke hadapan Dane Milovanovic. Sehingga Milovanovic dengan mudah menceploskan bola ke gawang Persipura.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Dane Milovanovic, pemain Madura United. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTDane Milovanovic, pemain Madura United.

Gol yang dicetak Dane Milovanovic ini berawal dari kecerdikan gelandang keturunan Serbia ini dalam menempatkan posisi. Milovanivic berada dalam posisi bebas untuk menendang bola yang gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Yoo Jae Hoon. Persipura tertinggal 0-1.

Kondisi ini membuat kubu Mutiara Hitam makin gencar menggedor pertahanan Sape Kerrab. Pergerakan Pahabol, tendangan keras Boas, hingga tendangan bebas Ian Luis Kabes sudah diupayakan. Tapi tak kunjung menciptakan gol. 

Meski gencar melakukan serangan, skuat Persipura masih kerap melakukan kesalahan. Sehingga serangan yang dilancarkan tidak terlalu membahayakan pertahanan MU. Selain itu, komunikasi di antara para pemain tampak tidak berjalan dengan baik. Tak heran jika, Mutiara Hitam tak mampu menjebol gawang MU di babak pertama ini.

Babak Kedua

Tekanan langsung digencarkan skuat Persipura Jayapura begitu wasit meniup peluit tanda dimulainya babak kedua. Bahkan seluruh pemain Mutiara Hitam seolah bernafsu untuk segera menjebol gawang Angga Saputra. Tiga menit babak kedua berjalan, tendangan bebas Ian Kabes hanya melintas tipis di atas mistar. 

Dalam tempo 20 menit pertama babak kedua, Persipura setidaknya memiliki lebih dari 6 kali peluang mencetak gol. Ian Luis Kabes, Priska Womsiwor, Boaz Solossa bergantian menggedor gawang Angga Saputra. Tapi tak satu pun yang mampu dikonversi menjadi gol. Belum ada yang mampu menjebol gawang kiper Madura United itu.

Perjuangan Angga Saputra memang sangat keras dalam berjibaku untuk mempertahankan gawangnya. Hingga akhirnya dia harus terjatuh cukup keras pada menit ke-68. Membuat kiper MU itu harus menjalani perawatan dari tim medis. Melihat proses perawatan yang cukup lama, sejumlah suporter Persipura mulai berteriak karena menganggap Angga hanya berusaha mengulur waktu setelah MU unggul 1-0 dari Persipura.

Memasuki menit ke-75, MU mulai melakukan perubahan strategi. Slamet Nurcahyo digantikan Guntur Ariyadi. Slamet yang punya naluri menyerang digantikan Guntur yang merupakan pemain bertahan.Ini menunjukkan bahwa pelatih Gomes De Oliveira sudah puas dan ingin mempertahankan keunggulan 1-0 tersebut. 

© Twitter@Indostransfer
Penyerang muda Persipura Jayapura, Prisca Womsiwor. Copyright: Twitter@IndostransferPenyerang muda Persipura Jayapura, Prisca Womsiwor.

Memasuki masa injury time, Angga Saputra kembali terjatuh setelah berbenturan dengan pemain Persipura. Angga pun terkapar. Kondisi ini kembali membuat pertandingan harus berhenti sementara. Namun, tidak lama kemudian dia sudah bisa berdiri dan kembali melanjutkan pertandingan.

Dengan kekalahan ini, Persipura gagal mewujudukan ambisi mereka. Jarak dengan Madura United justru bertambah lebar menjadi empat poin. Persipura masih tertahan di peringkat 5 dengan 47 poin. Sementara Madura United justru kini naik ke peringkat ke-3 dengan 51 poin. Menggeser posisi PSM Makassar ke peringkat ke-4. PSM sendiri baru akan bertanding pada Senin (02/10/17) menjamu Semen Padang. 

1K