Liga Spanyol

Ronaldo Pecahkan Rekor Assist, Achraf Hakimi Cetak Sejarah

Senin, 2 Oktober 2017 18:12 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Joko Sedayu
© The Sun
Pendukung Real Madrid kibarkan bendera Spanyol. Copyright: © The Sun
Pendukung Real Madrid kibarkan bendera Spanyol.

Kemenangan 2-0 Real Madrid dalam lanjutan La Liga Spanyol musim 2017/18 kontra Espanyol pada Senin (02/10/17) mencatat 2 sejarah tersendiri untuk kedua pemain Los Blancos.

Dua gol yang diborong oleh Isco pada menit ke-30 dan 71. Gol pembuka yang diceploskan Isco ke gawang Espanyol yang dijaga oleh Diego Lopez tersebut lahir berkat umpan dari Cristiano Ronaldo.

Dilaporkan dari Squawka, assist kapten Timnas Portugal berusia 32 tahun kepada Isco itu tercatat sebagai rekor 200 assist untuk klub dan negaranya. Di level klub, Ronaldo memberikan assist-nya untuk Real Madrid sebanyak 112, Manchester United (54), Sporting Lisbon (7), dan 27 assist untuk negara asalnya, Portugal.

Meski angka tersebut menjadi catatan sejarah rekor assist-nya, CR7 masih kalah dari Guardado sebagai pemuncak daftar pencetak assist sementara La Liga dengan torehan enam assist.

© Squawka Twitter
Pemain Real Madrid merayakan gol yang dilesakkan Isco ke gawang Espanyol dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Senin (2/10/2017) dini hari. Copyright: Squawka TwitterPemain Real Madrid merayakan gol yang dilesakkan Isco ke gawang Espanyol dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Senin (2/10/2017) dini hari.

Berbeda dengan Ronaldo yang sudah menjadi pemain bintang, pemain muda asal Maroko, Achraf Hakimi, melakukan debutnya bersama skuad utama Real Madrid dan mencatatkan sejarah sebagai pesepakbola Maroko pertama yang pernah bermain bersama Los Merengues.

Berdasarkan data OptaJose, setelah pergantian milenium 17 tahun lalu, Hakimi adalah pemain pertama asal Maroko yang membela tim raksasa Madrid tersebut. Ini menjadi debut Hakimi bersama tim senior Real Madrid setelah sepanjang musim lalu membela Real Madrid B.

© Bola.net
Achraf Hakimi Copyright: Bola.netAchraf Hakimi

Achraf sendiri sebenarnya sudah ikut dalam tur pramusim pada 2016, tetapi kemudian dikirim untuk memperkuat tim Real Madrid B pada kasta ketiga Liga Spanyol. Meski belum membela tim senior, Hakimi sudah dipanggil ke Timnas Maroko dan kini sudah mengoleksi tiga caps bersama negara asal benua Afrika tersebut.

Absennya Dani Carvajal karena masalah jantung lah yang membuat pelatih Zinedine Zidane menjatuhkan pilihan kepada Hakimi untuk mengisi slot kanan pertahanan. Dengan andil Achraf dalam kemenangan laga tersebut, bukan tidak mungkin pemain berusia 18 tahun tersebut akan kembali menjadi pilihan Zidane di pertandingan mendatang.

1.1K