Indra Sjafri Beberkan Peran 'Baru' Luthfi Kamal di Timnas U-19

Kamis, 5 Oktober 2017 21:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri.

Gelandang Timnas Indonesai, Muhammad Luthfi Kamal terlihat menjalani peran baru saat Skuat Garuda Nusantara menang 2-0 atas Kamboja U-19 pada Rabu (04/10/17) di Stadion Patriot, Bekasi. Pemain bernomor punggung tujuh itu diplot sebagai pemain bertahan atau lebih tepatnya bek pada babak kedua.

Meski demikian, pekatih Timnas U-19, Indra Sjafri menyatakan ia tidak mengubah posisi Luthfi. Hanya saja kebutuhan saat pertandingan mengharuskan pemain asal Jakarta itu bertransformasi peran untuk sementara waktu kontra Kamboja U-19.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTIndra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan.

"Jadi Luthfi sebenarnya bukan bek tengah tapi dia itu holding midfieldersebagai penghubung bek dan lini tengah. Dia selalu membelah kalau bek pegang bola dan tadi lawan Kamboja dia bermain terlalu dalam untuk bantu redam serangan," ujar Indra Sjafri.

Pergeseran posisi bermain tersebut pun diakui oleh si pemain sendiri. Luthfi Kamal mengaku ia memang ditugaskan sedikit ke belakang saat lawan Kamboja U-19 dan dirinya sama sekali tidak bermasalah. Pemain Bina Taruna Jakarta Timur itu nenyatakan sudah terbiasa bermain menjadi bek.

"Sempat main di belakang dengan skema tiga bek. Soalnya tadi Kamboja press dengan dua striker, jadinya coach Indra minta saya bermain agak ke belakang,” ujar Luthfi selepas laga kemarin malam.

“Tidak masalah dengan posisi tersebut, karena saya juga sudah terbiasa bermain sebagai bek,” tandasnya.

Usai melawan Kamboja U-19, Luthfi Kamal dan rekan-rekannya harus segera bersiap lantaran pada Minggu (08/10/17) nanti mereka akan menjamu tim kuat, Thailand U-19 yang menjadi juara Piala AFF U-18 bulan lalu di Myanmar. Laga itu menjadi salah satu persiapan Timnas U-19 sebelum berangkat mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selata akhir bulan ini.

472