Peringatkan Pemain Timnas U-19, Indra Sjafri: Masih Ada Promosi-Degradasi

Kamis, 5 Oktober 2017 20:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan.

Usai meraih kemenangan atas Kamboja U-19 di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (04/10/17), pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memberikan pernyataan tegas yang ditujukan pada para pemain Skuat Garuda Nusantara. Mantan pelatih Bali United itu menjelaskan masih ada sistem promosi degradasi di Timnas U-19, yang artinya ada kemungkina pemain saat ini dicoret.

Indra Sjafri mengakui ia banyak mendapat masukan dari para pelatih usia muda untuk memberikan kesempatan dan mencoba pemain baru di beberapa posisi yang dianggap spesial. Karenanya Indra akan terlebih dahulu melakukan evaluasi pada akhir tahun kemudian menetapkan siapa dan apa yang mesti diubah.

"Akhir tahun ini kita ada evaluasi dan saya sudah ingatkan ke pemain bahwa promosi degradasi masih tetap ada karena pemain lain juga mulai bermunculan. Ada pemain baru yang bagus dari pelatih klub U-19 yang menyarankan untuk dicoba," tegas Indra Sjafri.

Lebih lanjut, Indra Sjafri menyatakan Timnas U-19 memang butuh banyak laga uji coba untuk mencari komposisi yang pas di starting XI maupun untuk pelapis. Karenanya agenda uji coba melawan Thailand di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pada Minggu (08/10/17) nanti akan dimanfaatkan sebaik mungkin mengingat tim tamu adalah juara Piala AFF U-18 tahun ini.

"Kami terus mencari pemain yang paling pas makanya setiap uji coba kami minta ganti lebih dari 6 pemain untuk berikan kesempatan biar semua bisa bermain," ujar pelatih berusia 54 tahun itu.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi memukau Egy Maulana Vikri mencetak gol kedua ke gawang Kamboja U-19. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAksi memukau Egy Maulana Vikri mencetak gol kedua ke gawang Kamboja U-19.

"Untuk lawan Thailand kami akan coba dengan hal yang berbeda. Yang penting kami dapat momen di atas lapangan, karean secara psikis kita pikir kita di atas lawan tapi taunya kenyataan berbeda saat bermain di lapangan dan ini (momen)bagus buat pemain," tutup Indra Sjafri.

Laga uji coba Timnas U-19 vs Kamboja nanti memang layak ditunggu. Kedua tim dianggap memiliki kekuatan yang setara, bahkan Indonesia disebut-sebut lebih unggul melihat penampilan saat kedua tim bermain imbang di Piala AFF U-18 lalu meski Skuat Garuda Nusantara akhirnya kalah di babak adu penalti.

841