Debut di Timnas Indonesia, Eks Timnas U-19 Rasakan Hal Ini

Kamis, 5 Oktober 2017 05:39 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Ilham Udin Armayn saat berduel dengan pemain Kamboja.  INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Ilham Udin Armayn saat berduel dengan pemain Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Luis Milla memanggil tiga debutan di Timnas Indonesia saat menjalani laga ujo coba melawan Kamboja, Rabu (04/10/17) malam. Fadil Sausu, Awan Setho, dan Ilham Udin Armayn menjadi nama yang akhirnya merasakan mengenakan seragam skuat senior Indonesia.

Namun hanya Fadil dan Ilham yang berkesempatan diturunkan pada laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi ini. Fadil turun di babak kedua sebelum digantikan karena mengalami cedera.

© INDOSPORT/ Petrus Manus DaYerrimon
Luis Milla saat memberikan keterangan pers usai laga uji coba melawan Kamboja. Copyright: INDOSPORT/ Petrus Manus DaYerrimonLuis Milla saat memberikan keterangan pers usai laga uji coba melawan Kamboja.

Sementara Ilham menjalani debutnya juga sebagai pemain pengganti dari bangku cadangan. Bagi Ilham, pengalaman perdananya dengan skuat utama Timnas Indonesia ini menjadi pengalaman yang berharga baginya.

"Saya senang dan bangga dipanggil ke Timnas," ujar Ilham.

Sebelumnya, pemain Bhayangkara FC ini sempat menjadi bagian dari anak asuh Indra Sjafri di Timnas U-19. Ilham merupakan pemain yang seangkatan dengan Evan Dimas dan Septian David Maulana.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimSkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Namun, berbeda dengan dua sejawatnya, yang lebih dulu mendapat kesempatan gabung Timnas Indonesia, Ilham baru kali ini mendapat panggilan. Pemain asal Ternate ini pun belum puas dengan waktu bermainnya dan berjanji akan meningkatkan kemampuannya.

"Semoga ke depan lebih baik," ujarnya.

© PT LIB
Ilham Udin Armaiyn bawa Bhayangkara melesat ke puncak klasemen Liga 1. Copyright: PT LIBIlham Udin Armaiyn bawa Bhayangkara melesat ke puncak klasemen Liga 1.

Pemain yang biasa beroperasi di lini sayap ini pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Luis Milla. Ilham berjanji akan menyimpan pengalaman ini sebagai bekal dirinya kelak.

"Terima kasih buat coach, ini akan jadi pelajaran penting buat saya," ujar pemain berusia 21 tahun ini.

Timnas Indonesia sendiri sukses memenagi laga uji coba ini dengan skor 3-1 di penghujung pertandingan. Lerby Eliandry, Rezaldi Hehanusa, dan Septian David Maulana menjadi pencetak gol bagi Skuat Garuda, yang hanya sekali dibalas Kamboja melalui torehan Chan Vathanaka.

841