Karena Kalimat 'Sakti' Ini, Persegres Terdegradasi dari Liga 1

Sabtu, 7 Oktober 2017 23:05 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Persib.co.id
Yudi Suryata, pelatih Mitra Kukar. Copyright: © Persib.co.id
Yudi Suryata, pelatih Mitra Kukar.

Terdegradasinya Persegres Gresik United dari Liga 1 nyatanya tak lepas dari peran Yudi Suryata, pelatih Mitra Kukar. Mantan pelatih Persijap Jepara ini melontarkan sebuah kalimat ‘sakti’ kepada anak asuhnya.

Seperti yang kita ketahui, Mitra Kukar berhasil mengalahkan tuan rumah, Persegres, dengan skor 4-2. Walau begitu, Naga Mekes, julukan Mitra Kukar, sempat tertinggal 1-2 di babak pertama.

Saat jeda istirahat babak pertama, Kharisma seorang Yudi sebagai pelatih kawakan pun membuahkan hasil. Hal ini tampak terlihat saat anak asuhnya bermain penuh dengan determinasi yang tinggi, dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-2.

"Saya panjatkan puji syukur kepada Tuhan atas kemenangan ini meski ada beberapa catatan bagi tim ini," tutur suksesor Jafri Sastra itu di Stadion Petrokimia Gresik selepas laga.

Bangkitnya permainan Mohammed Sissoko dkk di babak kedua kali ini tak lepas dari wejangan ‘sakti’ yang dilontarkan oleh Yudi. Dirinya pun mengungkapkan bahwa problem yang dialami anak asuhnya di babak pertama, mampu ditanganinya dengan baik.

"Di awal pertandingan, ada rasa over confidence dari pemain kami. Mereka terlalu percaya diri karena menghadapi tim papan bawah," ungkapnya.

Maka dari itu, Yudi pun memberi peringatan kepada anak asuhnya di ruang ganti untuk segera bangkit.

© Tim Media Persija
Yudi Suryata dalam jumpa pers. Copyright: Tim Media PersijaYudi Suryata dalam jumpa pers.

"Saya bilang, tidak apa-apa kalian kalah melawan tim (yang posisinya) di atas kita. Tapi, jangan mau kalah melawan tim yang berada jauh di bawah kita," bilangnya.

Tak sampai disitu, kalimat ‘sakti’ Yudi pun dilanjutkan dengan sindiran halus namun terbukti mampu melecut semangat tanding para penggawa Mitra Kukar di babak kedua.

"Jangan enak-enak menempati posisi sembilan di klasemen itu aman. Kalau tidak hati-hati, tiga tim di bawah kita siap menyalip kalian," papar pelatih yang juga sempat membesut Persipura itu.

"Gambaran seperti itu lah, yang saya kira menjadi kunci kemenangan tim ini. Pemain menjadi terpacu dan terlecut semangatnya untuk segera bangkit," tutupnya.

Kemenangan atas Persegres pun menjadi yang kedua kalinya bagi Yudi, setelah sebelumnya menuai empat kali kekalahan beruntun. Mitra Kukar sendiri saat ini berada di posisi kesembilan dengan raihan 40 poin, hasil dari 28 laga yang telah dilakoni.

Sementara kekalahan atas Mitra Kukar membuat Persegres saat ini menghuni posisi juru kunci Liga 1, dengan hanya meraih 10 poin dari 28 laga yang telah dilakoni. Hal itu pun membuat Laskar Joko Samudro harus terdegradasi ke Liga 2.

518