Liga 2

Jadwal dan Klasemen Grup A Babak 16 Besar Liga 2: Persis Akan Bantu PSS Lolos?

Selasa, 10 Oktober 2017 11:43 WIB
Editor: Joko Sedayu
© Prima Pribadi/Indosport.com
Selebrasi Dirga Lasut usai mencetak gol ke gawang Cilegon FC. Copyright: © Prima Pribadi/Indosport.com
Selebrasi Dirga Lasut usai mencetak gol ke gawang Cilegon FC.

Memang peluang PSS Sleman untuk lolos ke babak 8 besar Liga 2 musim 2017 lebih kecil ketimbang Cilegon United dan PSPS Pekanbaru. Alasannya saat ini mereka berada di dasar klasemen Grup A alias posisi buncit.

Kendati demikian tim berjuluk Super Elang Jawa itu masih peluang. Syaratnya, mereka mengalahkan Persis Solo dengan skor besar, dan berharap Cilegon bermain imbang dengan PSPS.

Jika laga PSPS melawan Cilegon berakhir imbang dan PSS mengalahkan Persis, maka PSS dan Cilegon akan memiliki poin yang sama, yaitu 8 poin. Namun PSS berhak mendampingi Persis karena secara head to head PSS unggul atas Cilegon.

Sedangkan jika Cilegon mampu mengalahkan PSPS, pupuslah mimpi PSS. Begitu pula jika PSPS yang mampu menang, PSS harus gigit jari karena pasukan Seto Nudiyantoro itu kalah head to head dari tim asal Provinsi Riau itu.

Berdasarkan regulasi yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru, pada Pasal 17 ayat 5, jika ada dua tim yang memiliki poin sama di babak 16 besar, maka yang didahulukan adalah pertemuan kedua klub (head to head). Baru setelah itu selisih gol, jumlah gol memasukkan, dan undian.

© INDOSPORT/Prima Pribadi
Herman Dzumafo saat berduel dengan para pemain PSS Sleman. Copyright: INDOSPORT/Prima PribadiHerman Dzumafo saat berduel dengan para pemain PSS Sleman.

Namun terlepas dari prediksi itu semua, apakah Persis akan memberikan kemenangan mudah untuk PSS?

"Jika ada yang beranggapan Persis Solo akan melepas pertandingan kali ini maka saya pastikan tidak dan saya meminta anak-anak untuk tetap berjuang memenangkan pertandingan," ucap pelatih Persis, Widyantoro, menegaskan jika Persis akan tetap tampil ngotot melawan PSS.

Berikut jadwal pertandingan kelima Babak 16 Besar Grup A Liga 2, Selasa (10/10/17):

16.00 WIB - PSPS Pekanbaru vs Cilegon United - Stadion Kaharuddin Nasution

16.00 WIB - PSS Sleman vs Persis Solo - Stadion Maguwoharjo

Berikut Klasemen Sementara Grup A:

Posisi Klub Main Menang Imbang Kalah Poin
1 Persis Solo 5 3 1 1 10
2 Cilegon United 5 2 1 2 7
3 PSPS Pekanbaru 5 1 2 2 5
4 PSS Sleman 5 1 2 2 5
180