Kiper Thailand U-19: Timnas Indonesia Menakutkan

Rabu, 11 Oktober 2017 14:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Kiper Timnas Thailand U-19, Suthipong Pisansab. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Kiper Timnas Thailand U-19, Suthipong Pisansab.

Laga Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19 memang sudah berlalu sejak Minggu (08/10/17) lalu, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Namun, cerita soal kedigdayaan Skuat Garuda Nusantara masih tersisa hingga saat ini.

Saat berbincang dengan dua awak media termasuk INDOSPORT, kiper Thailand U-19, Suthipong Pisansab mengakui kalau Timnas Indonesia U-19 saat ini sangat berbahaya. Egy Maulana Vikri Cs dinilai 'berubah' jadi kekuatan menakutkan di kawasan Asia Tenggara.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pemain Timnas U-19 berjibaku dengan Timnas Thailand U-19. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimPemain Timnas U-19 berjibaku dengan Timnas Thailand U-19.

Semua pemain Timnas U-19 dinilai berbahaya dan merepotkan, hal itu dilihat dari laga di semifinal Piala AFF U-18 Agustus lalu di Myanmar dan juga laga uji coba tiga hari lalu.

"Tidak hanya Egy dari tim Indonesia, tetapi semua pemain sangat bagus dan sangat kompetitif. Indonesia U-19 adalah tim yang bagus," aku Suthipong Pisansab.

"Saat kami bertemu di Piala AFF lalu, mereka hanya bermain dengan 10 pemain dan organisasi bertahan mereka bagus dan  berbahaya saat melakukan serangan balik. Semua aspek yang ada di tim Indonesia berjalan bagus dan itu jadi kejutan buat kami dengan performa mereka," sambungnya.

Suthipong Pisansab sendiri mendapat kesempatan bermain kala Timnas Thailand U-19 melawan Timnas Idonesia U-19 pada Minggu (08/10/17) lalu. Sayangnya, ketika itu, ia melakukan blunder sehingga berujung gol pertama Skuat Garuda Nusantara yang diciptakan Witan Sulaiman di menit ke-44.

Suthipong Pisansab sendiri mendapat kesempatan bermain kala Timnas Thailand U-19 melawan Timnas Idonesia U-19 pada Minggu (08/10/17) lalu. Sayangnya, ketika itu, ia melakukan blunder sehingga berujung gol pertama Skuat Garuda Nusantara yang diciptakan Witan Sulaiman di menit ke-44, dan kemudian ditarik keluar pada babak kedua.

Aksi 'memalukan' itu menjadi pelajaran bagi Suthipong Pisansab karena dia harus bersaing dengan dua kiper lainnya jika ingin terus mendapat kepercayaan pelatih Thailand U-19, Marc Alevedra. 

"Semua kiper yang ada di Timnas kami sangat bagus. dan setiap dari kami harus berjuang. Kami harus menunjukkan kualitas, mencoba yang terbaik dan berjuang untuk tim," ujarnya saat ditanya mengenai persaingan di Timnas Thailand U-19.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETSinthaweechai Hathairattanakool saat masih bermain untuk Persib Bandung.

"Saya juga harus berjuang untuk bisa bermain di tim utama Muangthong United, salah satu klub papan atas di Thailand dan kiper utamanya, Kawin Thamsatchanan merupakan salah satu idola saya," tutup Suthipong Pisansab.

Sebelumnya, Suthipong Pisansab menyatakan berminat bermain di Liga Indonesia jika ada tawaran yang menarik. Ia ingin mengikuti jejak eks kiper Persib Bandung, Sinthaweechai Hathairattanakool atau yang akrab disapa Kosin oleh Bobotoh dan penggemar sepakbola Indonesia di medio 2009 lalu.  

136