LIGA 1

Jelang Laga Kontra PSM, Persib Justru Ditinggal Sang Pelatih

Rabu, 11 Oktober 2017 23:58 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Nindhitya Nurmalitasari
© Simamaung
Yaya Sunarya pelatih fisik Persib Bandung. Copyright: © Simamaung
Yaya Sunarya pelatih fisik Persib Bandung.

Persib Bandung akan menghadapi salah satu tim penghuni lima besar klasemen sementara Liga 1, PSM Makassar. Namun, jelang laga tersebut Maung Bandung kembali harus ditinggal oleh pelatih kepala dan asisten pelatih mereka.

Pelatih Fisik Persib, Yaya Sunarya, dipercaya sementara waktu untuk memimpin sesi latihan tim sebagai masa persiapan jelang menghadapi PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, hari Minggu (15/10/17) nanti.

Hal ini terjadi lantaran ketidakhadiran Pelatih Kepala, Emral Abus, dan Asisten Pelatih, Herrie Setyawan. Emral Abus, sendiri masih disibukkan menjadi instruktur pelatih. Sedangkan asistennya Herrie Setyawan masih menjalani kursus kepelatihan A AFC di Sawangan, Depok.

© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Emral Abus. Copyright: Muhammad Ginanjar/INDOSPORTPelatih Persib Bandung, Emral Abus.

Namun, Yaya mengaku tidak mempermasalahkan tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini karena ketidakhadiran Emral maupun Herrie tidak akan mengubah program pelatihan.

Apalagi itu merupakan pelatihan perdana pasca Persib menjalani pertandingan melawan Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Senin (09/10/17) lalu. Oleh karena itu, pelatihan hanya difokuskan untuk mengembalikan kebugaran pemain. 

"Ini latihan perdana setelah melawan Barito. Pemain yang kemarin main dengan yang free, kita bikin latihan sendiri. Hari ini kita bikin latihan refreshment, mentality dan latihan conditioning," ungkap Yaya di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani Bandung, Rabu (11/10/17).

© Gita Agiet/INDOSPORT
Herrie Setyawan, asisten pelatih Persib Bandung. Copyright: Gita Agiet/INDOSPORTHerrie Setyawan, asisten pelatih Persib Bandung masih menjalani kursus kepelatihan A AFC di Sawangan, Depok.

Rencananya, lanjut Yaya untuk pelatihan berikutnya intensitas latihan sedikit dinaikkan agar kebugaran pemain kembali dalam top performa.

"Besok kita rencananya mulai naikkan tempo dan intensitas latihan, berikut antisipasi mengenai persiapan taktik melawan PSM Makassar," katanya.

Yaya berharap dengan masa persiapan yang dilakukan bisa membuahkan hasil maksimal. Setidaknya bisa memecah kebuntuan hasil lima kali seri secara berturut-turut yang dialami timnya selama ini. 

© Twitter/Liga 1 Match
Persib Bandung vs Barito Putera berakhir 0-0. Copyright: Twitter/Liga 1 MatchPersib Bandung vs Barito Putera berakhir 0-0.

"Tapi kalaupun ada intensitas yang naik tidak terlalu signifikan, paling 60 persen karena pemain perlu recovery. Kita akan lihat itu, artinya penyegaran dan mentality berbanding berjalan seiringan yang penting kita tahu kekurangan kemarin dan perkuat untuk pertandingan ke depan agar menghasilkan yang maksimal," harapnya.

Sebagai informasi, laga lawan PSM akan menjadi pertandingan pekan ke-29 Michael Essien dkk di Liga 1. Pangeran Biru akan berusaha meraih kemenangan setelah menuai hasil imbang di lima laga terakhir. Persib terakhir kali menang 4-1 saat lawan Sriwijaya FC, Senin (04/09/17).

468