Jelang 8 Besar Liga U-19, PT LIB Peringatkan Soal Keributan PSM Makassar vs Mitra Kukar

Kamis, 12 Oktober 2017 14:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Istmewa
Liga 1 U-19. Copyright: © Istmewa
Liga 1 U-19.

Kompetisi Liga U-19 Indonesia telah memasuki babak delapan besar yang akan berlangsung pada 18-24 Oktober 2017 nanti di dua kota berbeda yakni Bali dan Bandung. Kerenanya operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan peringatan keras pada klub peserta.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalom Boboy meminta agar delapan klub peserta untuk memperhatikan dan menjaga attitude pemain muda. Hal itu berkaca dari keributan dan perkelahian antara PSM Makassar vs Mitra Kukar pada 30 September lalu di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, saat babak penyisihan grup 3.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Hasil Drawing babak 8 besar Liga U-19. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTHasil Drawing babak 8 besar Liga U-19.

"Kami perhatikan U-19 sama dengan liga lain. Ada kasus lain, seperti PSM vs Mitra, ada kejadian khusus terjadi. Ini jadi catatan kepada seluruh klub, tolong dijaga attitude anak-anak," ujar Tigor saat drawing babak 8 besar, Rabu (11/10/17).

"Karena anak-nak usianya masih labil. Tanggung jawab setiap klub untuk jaga tingkah laku mereka. Apapun itu kami tidak akan tolerir dan akan laporkan ke komisi disiplin. Kalau pelanggaran akan dihukum," tegasnya.

Selain memperingatkan soal perilaku di atas lapangan, pengelola liga juga menyoroti soal kemungkinan pencurian umur. Sebenarnya PT LIB sudah melakukan seleksi ketat, namun jika ada pelanggaran maka kasus itu akan dibawa ke Komisi Disiplin PSSI.

"Pencurian umur? Sebenarnya kami sudah lakukan screening ketat dari awal. Semua dokumen yang diminta harus valid agar usia tidak langgar regulasi. Kalau sampai ada, kami akan bawa ke komisi disiplin," urai Tigor Shalom Boboy.

Pada babak 8 besar Liga U-19, Bali United U-19 ditunjuk sebagai menjadi tuan rumah, di mana akan ada dua stadion yang dipakai yakni Stadion Kapten Dipta Gianyar dan Stadion Gelora Samudra. Tim Serdadu Tridatu akan bersaing bersama Pusamania Borneo FC U-19, Bhayangkara FC U-19, dan Persela Lamongan U-19 di Grup A.

© Zainal/INDOSPORT
Situasi manager meeting Liga U-19 2017. Copyright: Zainal/INDOSPORTSituasi manager meeting Liga U-19 2017.

Sementara itu, Persib Bandung U-19 menjadi tuan rumah untuk Grup B. Maung Bandung akan ditantang Persipura Jayapura U-19, Barito Putera U-19, dan Perseru Serui U-19. Untuk penggunaan stadion sendiri Persib Bandung memilih Stadion Siliwangi, dan Stadion Si Jalak Harupat, Soreang.

Setiap grup pada babak 9 besar akan memakai format setengah kompetisi (sekali bertemu) dan dua tim teratas akan lolos ke babak semifinal.

Selanjutnya, pada babak semifinal akan berlangsung secara single match, begitu juga di final. Untuk dua babak terakhir tersebut, PT LIB memilih beberapa stadion yang menjadi calon venue, yakni Stadion Pakansari, Stadion Wibawa Mukti, dan Stadion Patriot Chandrabaga.