Liga 1

Mitra Kukar 0-5 Persipura: Mutiara Hitam Tanpa Ampun

Jumat, 13 Oktober 2017 17:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Mitra Kukar vs Persipura Jayapura. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Mitra Kukar vs Persipura Jayapura.

Mitra Kukar kalah telak saat menjamu Persipura Jayapura di Stadion Aji Imbut, Jumat (13/10/17). Meski mencatat penguasaan bola sama kuatnya, Naga Mekes takluk 0-5 dari tim Mutiara Hitam yang tampil trengginas.

Babak I

Persipura Jayapura yang mengincar papan atas klasemen Liga 1 di sisa-sisa pertandingan, langsung tampil menekan sejak menit pertama. Sang kapten Boaz Solossa langsung mendapat beberapa kali peluang di menit awal. Permainannya di kotak penalti kerap menyulitkan lini belakang Mitra Kukar. Namun tembakannya masih terlalu lemah sehingga masih bisa diselamatkan kiper Gerri Mandagi.

Naga Mekes baru mendapat peluang pertama di menit delapan. Sissoko bermaksud memanfaatkan umpan Hendra Bayauw, sayang tembakannya masih belum menemukan target.

Tim tamu akhirnya membuka keran gol di menit ke-19 lewat Addison Alves. Terobosan pemain asal Brasil itu mendapat umpan dari Boaz.

Tertinggal 0-1, Mitra Kukar mulai mengembangkan permainan. Namun lagi-lagi Persipura melancarkan serangan balik dan mampu menggandakan kedudukan. Menit ke-35, Prisca Womsiwor melepaskan tembakan tajam dari kotak penalti yang tak bisa dihalau Mandagi. Skor bertambah untuk Mutiara Hitam 2-0.

Boaz mendapat peluang di penghujung babak pertama tetapi masih belum berbuah gol. Hingga satu menit tambahan dari wasit berakhir, skor 2-0 masih bertahan untuk keunggulan Persipura.

Babak II

Memasuki babak kedua, Mitra Kukar langsung kebobolan untuk ketiga kalinya. Sebuah gol cepat di menit ke-46 dari kerja sama Prisca yang menyediakan umpan untuk Addison, merubah kedudukan menjadi 3-0 untuk Persipura. 

Kubu tuan rumah coba melancarkan serangan balasan lewat Oh In-kyun. Namun berkali-kali upayanya belum mampu menyumbang angka untuk Mitra Kukar.

Sementara Persipura memiliki Boaz yang memegang peran sentral dalam serangan Persipura. Begitu pula dengan Prisca yang tampil gemilang sore ini. Namun di menit ke-66, Prisca ditarik dan digantikan oleh Osvaldo Haay.

Masuknya pemain Timnas U-23 ini kembali menambah daya gedor Mutiara Hitam. Selang 7 menit masuk lapangan, ia sudah menyumbang gol berkat assist Boaz. Skor 4-0 untuk Persipura.

Unggul jauh tanpa balas rupanya tak membuat Persipura puas. Osvaldo sukses mencetak brace di menit 90. Lagi-lagi memanfaatkan umpan apik Boaz. Naga Mekes mati kutu di kandang sendiri.

Wasit meniup peluit panjang setelah dua menit waktu tambahan. Skor 0-5 untuk kemenangan Persipura atas Mitra Kukar. Untuk sementara, Persipura naik ke posisi tiga klasemen Liga 1 dengan 53 poin, melewati Madura United dan PSM Makassar.

Susunan Pemain

Mitra Kukar: Gerri Mandagi, Zikri Akbar, Blas, Herwin Tri Saputra, Wiganda Pradika, M Sissoko, Oh In-kyun, Bayu Pradana, M Bahtiar, Hendra Bayauw, Marclei Santos.
Cadangan: Ravi Murdianto, Saepuloh Maulana, Anindito Wahyu, Aldino Herdianto, Monieaga Suwardi, Joko Sidik, Andre Agustiar.
Pelatih: Yudi Suryata

Persipura Jayapura: Yoo Jae-hoon, Yustinus Pae, Rony Beroperay, Yohanis Tjoe, Mauricio Leal, Ian Kabes, Prisca Womsiwor, Yan Pietr, Nelson Alom, Boaz Solossa, Addison Alves.
Cadangan: Dede, Ibo, Izaac Wanggai, Osvaldo Haay, Elisa Basna, M Tahir, Marinus Wanewar.
Pelatih: Wanderley da Silva

981