Berakhir Imbang, Klopp Tak Jadi Tinggalkan Liverpool

Sabtu, 14 Oktober 2017 21:27 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© footyroom
Liverpool mulai kembali menjadi salah satu yang terbaik, di tangan dingin Jurgen Klopp. Copyright: © footyroom
Liverpool mulai kembali menjadi salah satu yang terbaik, di tangan dingin Jurgen Klopp.

Pertandingan big match antara Liverpool yang menjamu Manchester United di Anfield pada Sabtu (14/10/17) malam tadi berakhir imbang tanpa gol. Hal ini pun seakan melegakan untuk para pendukung The Reds.

Pasalnya, Jurgen Klopp sebelumnya berjanji bahwa dirinya akan pergi meninggalkan Jordan Henderson dkk bila tim asuhannya tersebut kalah dari Manchester United di Anfield. Kini, hal itu pun urung terlaksana lantaran keduanya bermain imbang tanpa gol hingga akhir pertandingan.

© Sporting Life
Caption Copyright: Sporting LifeCelatih Liverpool, Jurgen Klopp

Keinginannya untuk pergi meninggalkan Liverpool bukanlah tanpa alasan. Pelatih asal Jerman itu menilai bahwa timnya saat ini tertinggal dari segi emosional oleh tim-tim besar di Liga Primer Inggris, seperti Manchester United, Manchester City, Chelsea, hingga Tottenham Hotspur.

"Suatu waktu ketika saya berpikir bahwa kita takkan mampu sukses lagi, dan tidak ada yang mampu memperbaikinya lagi, saya pergi," ungkap pelatih berusia 50 tahun itu, dilansir GMS.

Menurut Klopp, tak ada gunanya jika ia tetap berada di sana bila sejak awal permasalahan berada di sisi penjiwaan setiap pemainnya di atas lapangan.

Selain itu, dirinya juga menilai bahwa ia bukanlah pelatih sempurna yang diidamkan oleh banyak pendukung Liverpool. Butuh sebuah proses untuk dapat membuat The Reds kembali seperti dahulu, namun tidak secara instan.

"Manager lain memiliki cara yang berbeda untuk melakukannya. Klub lain memiliki cara yang berbeda pula untuk melakukannya. Dan kita punya caranya sendiri," ungkap Klopp. 

© INDOSPORT
Antonio Valencia berusaha menjegal Philippe Coutinho. Copyright: INDOSPORTAntonio Valencia berusaha menjegal Philippe Coutinho.

"Saya hanya berpikir apa yang cocok untuk klub ini dan saya merasa telah bertanggungjawab lebih banyak dari yang seharusnya saya lakukan," ungkapnya.

Berkat hasil imbang tersebut, Liverpool sendiri kini berada di peringkat enam klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan raihan 13 poin. Sementara Manchester United berada di posisi dua dengan raihan 20 poin.

361