Striker Timnas U-19 Masuk Daftar Pemain Berbahaya di Asia

Rabu, 25 Oktober 2017 14:57 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Joko Sedayu
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Striker TimnasU-19, Hanis Saghara. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Striker TimnasU-19, Hanis Saghara.

Kualifikasi Piala AFC U-19 2018 sudah digelar. Sebanyak 41 negara ikut serta dalam kualifikasi yang digelar pada 24 Oktober - 8 November 2017 di 10 negara tuan rumah. Timnas Indonesia U-19 jadi salah satu tim peserta.

41 tim itu terbagi dalam 10 grup. Timnas Indonesia U-19 sendiri tergabung dalam Grup F yang juga dihuni Malaysia, Timor Leste, Brunei Darussalam, serta tuan rumah Korea Selatan.

AFC selaku empunya turnamen sempat memilih para pemain yang dianggap berbahaya selama Kualifikasi Piala AFC U-19 2018. Nama Hanis Saghara Putra ada dalam daftar itu.

Pemain yang lahir di Sugihwaras, Bojonegoro, pada 8 April 1999 itu bersanding dengan delapan pemain lain versi AFC. Hanis bersama penyerang Vietnam U-19, Doan Van Hau, menjadi pemain pilihan AFC yang patut diwaspadai dari Asia Tenggara.

© Instagram@HanisSaghara
Striker TimnasU-19, Hanis Saghara. Copyright: Instagram@HanisSagharaStriker TimnasU-19, Hanis Saghara.

Bukan tanpa alasan AFC menganggap Hanis sebagai pemain paling ditakuti di Kualifikasi Piala Asia U-19. Pemain Persibo Bojonegoro itu tampil gemilang saat Garuda Nusantara mengikuti Turnamen Toulon di Prancis beberapa waktu lalu. Dia menjadi satu-satunya pemain Timnas U-19 yang mencetak gol di turnamen tersebut, yakni ke gawang Skotlandia U-21.

"Hanis Saghara dipanggil Timnas Indonesia U-19 pada awal tahun ini untuk mengikuti Turnamen Toulon. Di mana mereka bertemu dengan Skotlandia, Republik Ceko, dan Brasil. Hanis Saghara berhasil mencetak gol di partai terakhir saat menghadapi Skotlandia dan berharap peforma apiknya di Turnamen Toulon bisa kembali ia tunjukan saat Kualifikasi Piala Asia U-19 nanti," demikian tulis AFC.

© 24h
Doan Van Hau selebrasi. Copyright: 24hPenyerang Vietnam U-19,Doan Van Hau juga masuk .

Hanis juga tampil memukau di gelaran Piala AFF U-18 lalu. Ia merupakan andalan lini depan Indonesia bersama Egy Maulana Vikri dan Muhammad Rafli. Ia lincah, sulit dikawal, dan juga tajam di depan gawang lawan.

Hanis bersanding dengan tujuh pemain lain versi AFC. Ketujuh pemain tersebut mayoritas berasal dari kawasan Teluk. Ada pula dari Jepang dan India.

Ketujuh pemain itu adalah Mohammed Dawood (Irak), Hiroki Abe (Jepang), Daniel Arzani (Australia), Majed Rashid (Uni Emirate Arab), Dheeraj Singh ( India), Doan Van Hau (Vietnam), dan Arshad Al Alawi (Oman).

Keberadaan Hanis Saghara dalam daftar calon pemain bersinar di kualifikasi Piala AFC U-19 2018 ini tentu jadi kebanggaan. Namun yang terpenting, Hanis diharapkan mampu merealisasikan prediksi itu saat turnamen berlangsung alias memberikan kontribusi maksimal pada Timnas Indonesia U-19.  

Timnas Indonesia akan bertolak ke Korea Selatan pada 27 Oktober mendatang. Tepatnya empat hari sebelum memulai laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018, pasukan Indra Sjafri akan menghadapi Brunei Darussalam di laga pembuka.

Berikut ini Jadwal dan Waktu Pertandingan Timnas U-19 di Korea Selatan nantinya:

Selasa, 31 Oktober 2017 – Indonesia vs Brunei Darussalam – 13.00 WIB, Paju Public Stadium

Kamis, 2 November 2017 – Indonesia vs Timor Leste – 10.00 WIB, Paju Public Stadium

Sabtu, 4 November 2017 – Korea Selatan vs Indonesia – 13.00 WIB, Paju Public Stadium

Senin, 6 November 2017 – Malaysia vs Indonesia – 10.00 WIB, Paju Public Stadium

7.1K