Dari Maradona Hingga Ronaldo di Sepakbola Indonesia

Kamis, 26 Oktober 2017 12:00 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Dalam dunia sepakbola julukan yang diberikan kepada seorang pemain merupakan hal yang lumrah. Julukan bisa didapat dari banyak hal seperti gaya permainan, gaya selebrasi atau hanya dari sekedar tampilan fisik. 

Di Indonesia sendiri banyak pemain yang memiliki julukan unik seperti Budi "Piton" Sudarsono karena permainan alotnya. Selanjutnya ada Christian "El Loco" Gonzales, El Loco berarti "si gila" julukan tersebut karena Gonzales dianggap gila karena telah mencetak banyak gol dan beberapa kali menjadi top skor Liga Indonesia. Dan tak ketinggalan Ferdinand "The Dragon" Sinaga, yang mendapatkan julukannya karena alasan sederhana yaitu Dragon yang berarti Naga. 

© PT LIB
Ferdinand Sinaga cetak dua gol untuk bantu PSM Makassar beli pejaran kepada PS TNI. Copyright: PT LIBFerdinand Sinaga cetak gol.

Yang paling baru dan masih segar dalam ingatan adalah penyerang andalan Timnas U-19 Egy Maulana Vikri. Pemain asal Diklat Ragunan tersebut dijuluki sebagai Lionel Messi-nya Indonesia. Julukan itu disematkan kepada Egy karena permainan dan driblenya yang lincah mirip dengan permainan Messi. Selain karena skill olah bolanya, julukan Egy didapat karena postur tubuh dan posisi bermainnya juga mirip dengan bintang asal Barcelona tersebut.

Selain dijuluki Messi dari Indonesia, Egy juga dijuluki "kelok sembilan". Julukan itu didapat saat gelaran AFF U-19 yang lalu. Olah bola dan driblenya yang meliuk-liuk layaknya jalanan kelok sembilan yang ada di Sumatera Barat. Dari situlah julukan itu didapatnya. Selain beberapa pemain diatas masih ada beberapa pemain lain yang mendapatkan julukan yang berasal dari nama pemain terkenal di dunia. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT telah merangkumnya untuk anda:

462