Liga 1 Indonesia

Terima Lisensi AFC, Arema FC: Bukan untuk Gagah-gagahan

Kamis, 26 Oktober 2017 19:06 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Rizky Pratama Putra
© Indosport/Ian Setiawan
Skuat Arema FC berharap dukungan Aremania dalam setiap laga kandang. Copyright: © Indosport/Ian Setiawan
Skuat Arema FC berharap dukungan Aremania dalam setiap laga kandang.

Arema FC merasa bangga dengan terbitnya lisensi klub profesional dari AFC. Tm berlogo kepala singa itu secara resmi dinyatakan lolos dalam tahap verifikasi klub profesional dari Federasi Sepakbola Asia (AFC), setelah dianggap memenuhi berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Kebanggaan itu pun dimaksudkan bukan sebagai ajang eksistensi klub semata, melainkan untuk menegaskan komitmen serius dari Arema menuju era sepakbola modern dengan memenuhi berbagai aspek yang dibutuhkan.

"Bukan untuk gagah-gagahan. Tapi, ini menunjukkan keseriusan para petinggi klub dalam mengawal berjalannya klub itu sendiri di kompetisi," Sudarmaji mengatakan.

© Indosport/Ian Setiawan
Kapten Arema FC, Johan Alfarizi, tengah memotivasi rekan setimnya. Copyright: Indosport/Ian SetiawanKapten Arema FC, Johan Alfarizi, tengah memotivasi rekan setimnya.

"Jadi kami sangat bangga dengan hasil ini. Mungkin bagi klub lain, pengajuan verifikasi ini belum begitu penting. Tapi bagi kami, ini sangat penting," Media Officer Arema FC itu menambahkan.

Dalam suratnya bernomor 008/CFC/PSSI/X/2017 itu, AFC secara resmi menyatakan Arema FC sebagai klub profesional, yang siap mengikuti kompetisi level Asia di masa depan.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Media Officer Arema FC, Sudarmaji. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMedia Officer Arema FC, Sudarmaji.

Lebih lanjut, Sudarmaji pun menjelaskan bahwa Arema sudah memenuhi lebih dari 95 persen aspek yang menjadi fokus AFC. Sekitar 50 poin yang dinilai, terbagi dalam lima kategori besar dalam ketentuan verifikasi.

Lima kategori besar yang menjadi persyaratan AFC adalah kategori legalitas, Insfrastruktur, supporting, finansial, serta personalia dan administrasi. 

"Dari lima kategori itu, kami bersyukur bisa memenuhi 47 dari sekitar 50 aspek yang dibutuhkan," ungkapnya.

Sementara Arema sendiri berkomitmen penuh untuk segera memenuhi tiga aspek yang masih belum terisi. Hal itu menyangkut persoalan Personalia dan Administrasi, terkait lisensi kepelatihan dari tim pelatih yang menaungi tim senior maupun akademi.

"Yang jelas, kami sangat berterima kasih kepada jajaran direksi dan petinggi klub yang sangat mendukung verifikasi ini sampai detail yang dibutuhkan bisa terpenuhi dengan baik," tutupnya.