Liga 1

Lolos Lisensi AFC, Bukan Berarti Wakili Indonesia di Kompetisi Asia

Jumat, 27 Oktober 2017 00:50 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Terbitnya lisensi klub profesional dari AFC untuk Arema FC dan Persib Bandung, memunculkan beberapa rumor miring. Kedua klub itu pun diisukan akan menjadi dua wakil Indonesia yang akan terjun di kompetisi Asia tahun depan.

Memegang AFC License, di sisi lain juga menegaskan kesiapan sebuah klub untuk mengikuti kompetisi Asia. Dilihat dari tabel klasemen, kedua klub juga nyaris mustahil untuk berkompetisi di Asia sesuai regulasi kompetisi Liga 1.

Seperti diketahui, ada tiga klub yang nantinya menjadi wakil di kompetisi Asia. Juara Liga 1 bakal menjalani play-off menuju babak penyisihan grup Liga Champions Asia. Sedangkan peringkat dua dan tiga, bakal mengikuti kompetisi level dua, yakni AFC cup.

Lantas, apakah Arema FC dan Persib Bandung secara otomatis bakal menjadi wakil Indonesia di ajang kompetisi Asia? Padahal, Arema FC dengan 46 poin masih tercecer di peringkat 9 klasemen, sedangkan Persib Bandung tiga tingkat di bawahnya dengan koleksi 38 angka.

"Bukan begitu. Untuk mengikuti kompetisi Asia, tentu ada proses yang bertahap dari pihak federasi Asia (AFC)," kata Joko Driyono kepada awak media di Kota Batu, Jawa Timur.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTWakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

"Pertama, AFC menentukan jatah masing-masing negara. Lalu, Indonesia menentukan wakil-wakilnya," imbuh Wakil Ketua Umum PSSI yang akrab disapa Jokdri tersebut.

Jokdri memang perlu meluruskan anggapan bahwa hanya Arema dan Persib lah yang kini paling siap berkompetisi di Asia. Pasalnya, beberapa klub lain yang punya kans sesuai regulasi Liga 1, malah belum bisa memenuhi syarat sesuai ketentuan dalam verifikasi AFC.

© INDOSPORT/Istimewa
Logo Arema FC Copyright: INDOSPORT/IstimewaLogo Arema FC
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persib
Logo Persib Bandung. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/PersibLogo Persib Bandung.

Saat ini ada enam klub yang bersaing di jalur juara maupun mengisi slot untuk mengikuti kompetisi Asia. PSM Makassar, Bhayangkara FC dan Bali United, menjadi tiga klub terdepan di jalur tiga besar.

"Lima klub itu (Arema FC, Persib Bandung, Bali United, Madura United dan Persija Jakarta) memang paling siap karena sudah lolos verifikasi Asia," paparnya.

"Dan jika kondisi tidak berubah (PSM dan Bhayangkara FC yang belum memenuhi verifikasi AFC), maka lima klub itu lah yang mendapatkan prioritas untuk ke Asia," imbuh Djokdri.

829