Liga 1 Indonesia

Miliki Lisensi AFC, PSSI Minta Klub Indonesia Tiru Persib dan Arema FC

Kamis, 26 Oktober 2017 21:40 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

PSSI sebagai induk organisasi sepakbola di Indonesia, sangat berharap klub anggotanya dapat memenuhi Lisensi AFC. Maka dari itu, PSSI terus melakukan support kepada klub-klub lain untuk segera menjadi klub profesional yang diakui Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Seperti diketahui, sejumlah klub sudah mengajukan verifikasi untuk mendapatkan AFC License beberapa bulan belakangan. Dari sekian klub itu, lima diantaranya sudah resmi lolos verifikasi dengan grade yang berbeda.

"Seperti kita tahu, Arema FC dan Persib Bandung lolos verifikasi tanpa syarat. Keduanya resmi mendapatkan lisensi klub profesional dari AFC," kata Joko Driyono di sela-sela kunjungannya saat agenda Kongres tahunan PSSI Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Timur di Kota Batu, Kamis (26/10/17) pagi tadi.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTWakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT

"Ada juga Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta yang lolos dengan syarat. Ketiga klub diberi waktu sampai tiga bulan ke depan untuk memenuhi beberapa syarat yang ditentukan AFC," tandasnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Jokdri ini pun masih berharap ada upaya lanjutan dari beberapa klub yang tidak lolos verifikasi AFC. Salah satunya adalah PSM Makassar, yang kini sedang bersaing di jalur juara Liga 1, yang otomatis juga berpeluang tampil di level Asia tahun depan.

"Ada mekanisme bagi klub yang kurang puas dengan hasil verifikasi ini. Mereka bisa mengajukan banding," ungkap Wakil Ketua Umum PSSI tersebut.

© INDOSPORT/Ian Setiawan
Selebrasi pemain Arema FC saat menang melawan Mitra Kukar. Copyright: INDOSPORT/Ian SetiawanSelebrasi pemain Arema FC saat menang melawan Mitra Kukar.

PSSI pada prinsipnya, ingin klub-klub anggotanya dapat mengikuti kompetisi Asia tanpa halangan sama sekali. Maka dari itu, PSSI berharap beberapa klub untuk segera memenuhi segala persyaratan sampai 31 Oktober, sesuai deadline AFC.

"Verifikasi ini memang bukan hal yang mudah dan juga tidak mustahil. Buktinya, ada dua klub yang bisa memenuhinya," tutur figur kelahiran Ngawi, Jawa Timur itu.

"Tapi yang pasti, kami memberi apresiasi tinggi kepada klub-klub yang punya itikad baik untuk menjadi profesional. Terlebih, sepakbola kita dapat melewati masa-masa sulit dua tahun belakangan ini," pungkasnya.

463