Liga 1 Indonesia

5 Klub Sudah Sah, Sriwijaya FC Tak Prioritaskan Lisensi AFC

Kamis, 26 Oktober 2017 21:31 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/M. Effendi
Pemain Sriwijaya FC. Copyright: © INDOSPORT/M. Effendi
Pemain Sriwijaya FC.

Persib Bandung, Arema FC, Bali United, Persija Jakarta, dan Madura United dipastikan sudah mengantungi Lisensi AFC. Lima klub Liga 1 ini berhasil lolos verifikasi yang dilakukan oleh Komite Lisensi PSSI ini.

Lantas bagaimana dengan Sriwijaya FC? Untuk persyaratan lisensi AFC sebenarnya bukan masalah bagi tim asal Sumsel ini. Tapi karena Laskar Wong Kito musim bukan kandidat juara Liga 1, maka Lisensi AFC tidak terlalu jadi prioritas.

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Manajemen Sriwijaya rayakan ultah Laskar Wong Kito ke-13. Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTManajemen Sriwijaya rayakan ultah Laskar Wong Kito ke-13.

PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia dan PT LIB masih memfokuskan pada lima tim teratas yang punya kans juara Liga 1.

“Lima tim yang paling teratas harus cepat dapat lisensi AFC, karena mereka berpeluang tampil di babak play-off Liga Champions Asia dan ada dua klub yang bakal langsung mewakili Indonesia pada fase penyisihan grup Piala AFC 2018,” ungkap Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Faisal Mursyid, Kamis (26/10/17).

© INDOSPORT/ Ratno Prasetyo
Faisal Mursyid, Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Copyright: INDOSPORT/ Ratno PrasetyoFaisal Mursyid, Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM)

Saat ini, lima tim yang berpeluang juara dan harusnya mengantungi Lisensi AFC yakni PSM Makassar, Bhayangkara FC, Bali United, Persipura, Madura United, dan Persija Jakarta. Keenam tim ini berpeluang tampil di babak play-off Liga Champions Asia dan ada dua klub yang bakal langsung mewakili Indonesia pada fase penyisihan grup Piala AFC 2018.

Tapi, pada kenyataannya, Persib Bandung dan Arema FC yang justru lebih dulu mengantungi lisensi AFC. Padahal, Persib berada di peringkat ke-12 dan Arema FC peringkat ke-9 klasemen sementara.

“Verifikasi masih terus berjalan, kelima tim yang berpeluang juara ditunggu paling lambat Januari 2018, tim lain juga sambil jalan,” jelasnya.

737