Piala Dunia U-17

Tikung Spanyol, Inggris Juara Piala Dunia U-17

Minggu, 29 Oktober 2017 05:41 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Timnas Inggris sukses jadi kampiun Piala Dunia U-17. Copyright: © INDOSPORT
Timnas Inggris sukses jadi kampiun Piala Dunia U-17.

Timnas Inggris U-17 sukses merengkuh gelar Piala Dunia U-17 untuk pertama kalinya. Berlaga di partai puncak di Yuba Bharati Krirangan di India, Sabtu (28/10/17), The Three Lions muda mengandaskan Spanyol dengan skor 5-2.

Inggris sukses melakukan comeback luar biasa setelah tertinggal 0-2 dari brace Sergio Gomez hanya di 30 menit pertama. Sebuah gol dari Rhian Brewster di menit 44 mampu menipiskan ketertinggalan.

Memasuki babak kedua, skuat asuhan Steve Cooper ini makin menggila. Gol-gol tambahan dari Morgan Gibbs-White (58'), Marc Guehi (84'), dan brace Phil Foden (64', 88') memastikan gelar juara jatuh ke tangan Inggris.

Hasil apik ini menambah kedigdayaan timnas kelompok usia Negeri Ratu Elizabeth tersebut di tahun ini. Sebelumnya, Timnas U-20 Inggris juga menjadi kampiun Piala Dunia U-20. Inggris pun tercatat sebagai negara kedua dalam sejarah yang memenangkan dua Piala Dunia dari kelompok usia berbeda dalam satu tahun.

© INDOSPORT
Top skor Rhian Brewster (kiri), kiper terbaik Gabriel Brazao (tengah), dan pemain terbaik Piala Dunia U-17 Phil Foden. Copyright: INDOSPORTTop skor Rhian Brewster (kiri), kiper terbaik Gabriel Brazao (tengah), dan pemain terbaik Piala Dunia U-17 Phil Foden.

Rhian Brewster akhirnya mendapat titel topskor dengan torehan total delapan gol. Sedangkan gelar pemain terbaik turnamen ini diraih oleh pemain Man City, Phil Foden. Permainan sensasional Foden pun menuai pujian dari sang pelatih klub, Pep Guardiola, yang memastikan anak asuhnya akan menjadi masa depan sepakbola Inggris.

"Dia sangat penting untuk sepakbola Inggris. Para pemain ini akan berkembang. Saya senang Inggris memenangkan gelar ini," sanjung Guardiola.

Di perebutan tempat ketiga, Timnas Brasil sukses mengandaskan Mali dengan skor 2-0. Brasil juga mendapat fair play award dan sang kiper, Gabriel Bazrao, mendapat gelar sebagai kiper terbaik.

1.8K