Kisah Agama Penyembah Irfan Bachdim yang Pernah Ada di Indonesia

Senin, 30 Oktober 2017 18:30 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Mungkin ini terdengar konyol namun nyata adanya. Di Indonesia pernah tumbuh sebuah agama yang menyembah pesepakbola Irfan Bachdim! Lewat penelusuran INDOSPORT, agama ini berkembang pada akhir 2010. Tahun dimana Irfan baru bergabung di Timnas setelah dinaturalisasi dan langsung bersinar. 

Gabungan ketampanan dan keliahaian dalam bermain bola membuat Irfan menjadi paket lengkap. Pada 2010 dia amat dipuja oleh kaum adam maupun hawa. Benomor punggung 17, Irfan sukses membuat 2 gol dari 8 penampilan di Piala AFF dan membawa Timnas menjadi runner-up alias juara kedua pada masa itu.

© Muhammad Qomarudin/INDOSPORT
Penyerang Bali United, Irfan Bachdim. Copyright: Muhammad Qomarudin/INDOSPORTPenyerang Bali United, Irfan Bachdim.

Keruan penggemarnya semakin 'mabuk'. Tanpa memikirkan akal sehat mereka pun membuat sebuah agama yang dikhususkan menyembah pria yang kini menjadi striker di Bali United FC itu. Majalah Tempo pada Senin, 13 Desember 2010 pernah mengulas soal keyakinan Irfan sebagai Tuhan.

Adalah Lia, salah satu penggemar Irfan yang mengetahui adanya agama Irfan Bachdim melalui sebuah blog. Gara-gara kesengsem melihat penampilan suami Jennifer Bachdim bersama Timnas Indonesia, Lia gak pikir panjang menjadi pengikut. "Ya, kami sangat memujanya. Jadi kami pikir, tidak ada salahnya menjadikan dia sebagai agama," ujar Lia dikutip dari inilah.com (9/12/10). 

© kapanlagi
Gelandang Timnas Indonesia, Irfan Bachdim Copyright: kapanlagiIrfan Bachdim

Hal serupa juga disampaikan oleh pengikut agama Bachdim lainnya yakni Yanti. Biasanya kelar menonton Irfan bertanding, para pengikut agama ini berkumpul dan mengadakan pemujaan sang diola. "Dia keren banget loh, ga rugi jadi pengikutnya," kata Yanti di kala itu.

Penggagasnya bernama Lucy Van Breukele. Meski baru diluncurkan di tahun 2010, pengikutnya meningkat pesat. Dalam waktu 2 hari saja sekitar 71.420 terdaftar sebagai 'hamba' Irfan Bachdim. "Kami optimis jumlah pemeluk akan terus bertambah, apalagi jika Indonesia bisa menjuarai Piala AFF 2010," ungkapnya saat itu.

Lucy bahkan ingin mengundang Irfan untuk memberkati dan mengesahkan agama yang memujanya tersebut. Pengikut agama Irfan bersosialisasi, komunikasi, dan mendengarkan titah Irfan dengan memanfaatkan media sosial. Mereka pun sempat menerima ajaran Irfan lewat Twitter dan semua pengikut wajib mengikuti akun 'Tuhan'nya itu.

© INTERNET
Irfan Bachdim selebrasi. Copyright: INTERNETIrfan Bachdim selebrasi.

Jika Irfan memang merestui, rencananya Lucy hendak membawa permohonan ke Menteri Agama agar agama penyembah Irfan Bachdim bisa sah di Indonesia. 

Sementara Irfan Bachdim sendiri merasa heran dengan kelakuan para penggemarnya ini. Irfan tak mau ambil pusing dan menganggap gerakan ini hanya untuk mencari sensasi belaka. Irfan ada benarnya. Buktinya agama pemuja Irfan Bachdim itu tak lagi terdengar sekarang. 

Dibanding mempersoalkan agama tersebut, mending siap-siap untuk menyaksikan laga Bali United vs Sriwijaya FC, hari ini, Senin (30/10/17) pukul 18.30 WIB di Stadion I Wayan Dipta. Selamat menonton!

1.6K