Peningkatan Keamanan di Italia Jelang Chelsea vs AS Roma

Selasa, 31 Oktober 2017 15:32 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
© INDOSPORT
Chelsea 2-2 AS Roma Copyright: © INDOSPORT
Chelsea 2-2 AS Roma

Kepolisian Italia telah bersiaga untuk menghadapi pertandingan besar laga lanjutan Liga Champions antara AS Roma melawan Chelsea pada Rabu (01/11/2017) nanti. 

Sekitar 2000 pendukung Chelsea diperkirakan akan berada di ibukota Italia pada pertandingan antar keduanya. Akan ada penambahan jumlah personil kepolisian yang akan berjaga-jaga di Roma. 

© Paolo Bruno/Getty Images
Daniele De Rossi (yang pegang bola) mencetak gol pertama untuk AS Roma saat melawan Juventus, Senin (15/05/17) dini hari WIB. Copyright: Paolo Bruno/Getty ImagesDaniele De Rossi (yang pegang bola) mencetak gol pertama untuk AS Roma saat melawan Juventus, Senin (15/05/17) dini hari WIB.

Kepolisian memperkirakan sekitar 200 warga Inggris yang akan melakukan perjalanan ke Italia. Itu mengapa penambahan pihak keamanan dilakukan untuk mengurangi risiko kerusuhan yang terjadi antar pendukung.

Ada ketakutan adanya penyatuan antara fans Chelsea dan Lazio yang kemudian menimbulkan kerusuhan yang menyasar pada pendukung Roma yang datang nanti ke pertandingan antara keduanya. 

Pasalnya, Roma telah menjadi lokasi dimana seringkali terjadi kerusuhan dari pendukung-pendukung klub Inggris yang bertandang ke sana, seperti yang terjadi pada 2007 lalu, dimana penggemar Manchester United terluka akibat bentrokan. 

Selain itu, dilansir the Sun, pada 2012 lalu sejumlah pendukung Tottenham mengalami penusukan dari pendukung Lazio selama pertandingan Liga Eropa. 

"Kami telah melakukan pertemuan dengan wakil dari Kepolisian Metropolitan, kedutaan Inggri, dan klub sepakbola Roma. Kami telah mempersiapkan segalanya dan akan menjadi minggu yang sangat sensitif bagi kamu dengan para pendukung dari Inggris dan Prancis yang datang minggu ini," ungkap kepolisian Roma.

© INDOSPORT
Selebrasi para pemain Chelsea. Copyright: INDOSPORTSelebrasi para pemain Chelsea.

Peningkatan jumlah petugas kepolisian ini nantinya akan berjaga selama pertandingan berlangsung dan akan mengambil tindakan bagi para pendukung dari kedua tim yang melakukan kekerasan dan mengkonsumsi minuman keras.

Pihak kepolisian akan melakukan patroli di dua bandara, stasiun kereta utama, dan area-area besar dengan permintaan bagi para pemilik bar untuk memperhatikan pengunjungnya yang ketahuan mabuk. 

186