Liga 1

Jamu Bali United, PSM Gengsi Kalah di Kandang

Rabu, 1 November 2017 06:15 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain PSM Makassar usai mengalahkan Bhayangkara FC. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain PSM Makassar usai mengalahkan Bhayangkara FC.
Liga 1 Indonesia menyisakan dua pertandingan sebelum musim berakhir. Dua tim pemuncak klasemen sementara, Bali United dan PSM Makassar akan bertemu di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin 6 November 2017 nanti.

Sejauh ini kedua tim sudah mengoleksi 62 poin dari 32 laga. Pertemuan pertama mereka di markas Bali United, 23 Juli lalu dimenangkan tuan rumah dengan skor telak, 3-0. Dari catatan 6 pertemuan terakhir, PSM Makassar dan Bali United relatif berimbang. Kedua klub ini masing-masing menang, kalah, dan seri 2 kali.

Namun, pada pertandingan 6 November nanti, Juku Eja tampaknya akan lebih diuntungkan sebab bermain di hadapan ribuan suporter sendiri. Terlebih tanggal 4 November, klub yang bermarkas di Kota Makassar ini akan berulang tahun yang ke-102. Kemenangan atas Bali United nanti, bisa menjadi kado yang istimewa bagi para fans.

© PT LIB
Ferdinand Sinaga cetak dua gol untuk bantu PSM Makassar beli pejaran kepada PS TNI. Copyright: PT LIBFerdinand Sinaga cetak dua gol untuk bantu PSM Makassar beli pejaran kepada PS TNI.

Selain itu, PSM Makassar juga belum pernah terkalahkan di kandang. Hal ini tentu akan menjadi modal penting bagi anak asuh Robert Rene Alberts untuk tetap menempel Bhayangkara FC yang punya kans juara lebih besar.  

Pertandingan ini juga akan menjadi ajang pembuktian bagi Ferdinand Sinaga dan Sylvano Comvalius. Ferdinand sudah berhasil mencetak 12 gol dan 3 assists dari 26 pertandingan yang ia lakoni, sementara Comvalius sudah hampir bisa dipastikan menjadi top skor dengan torehan 35 dan 8 assists di Liga 1.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Proses terjadinya gol kedua Bali United yang dicetak oleh striker Sylvano Domunique Comvalius (kiri). Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimProses terjadinya gol kedua Bali United yang dicetak oleh striker Sylvano Dominique Comvalius (kiri).

Persaingan juara Liga 1 semakin ketat. Laga ini penting bagi kedua klub, untuk menyalip posisi Bhayangkara FC yang saat ini di atas angin, karena masih menyisakan 3 pertandingan. 

Bali United relatif lebih diunggulkan, sebab di laga terakhir mereka akan melawan tim yang sudah dipastikan terdegradasi. Sedikit berbeda dengan PSM yang harus bisa mengalahkan Madura United di pertandingan terakhir jika ingin menjaga asa juara.

50