Liga 1

Selain Persija, Tim-tim Ini Juga Jadikan Stadion Manahan Sebagai Home Base

Kamis, 2 November 2017 20:37 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Galih Prasetyo
© Ghozi El Fitra/Indosport
Kondisi Stadion Manahan mendapatkan kritik dari skuat Persis Solo. Copyright: © Ghozi El Fitra/Indosport
Kondisi Stadion Manahan mendapatkan kritik dari skuat Persis Solo.

Persija Jakarta harus menggunakan Stadion Manahan Kota Solo sebagai kandangnya ketika menjamu Persib Bandung dalam lanjutan Liga Gojek Traveloka Liga 1 Jumat sore (03/11/17). Persija harus menggunakan stadion tersebut tidak mendapatkan izin ketika hendak menggelar pertandingan di Bekasi.

Stadion Manahan dipilih karena cukup representative untuk menggelar partai super big match. Lokasinya yang strategis juga menjadi pilihan lain mengapa Stadion itu digunakan oleh Persija.

Ternyata selain Persija Jakarta ada tim luar kota Solo lain yang menggunakan Stadion itu sebagai homebase mereka.

Tim yang menggunakan Stadion Manahan salah satunya adalah Persibo Bojonegoro. Tim asal Jawa Timur itu menggunakan Manahan ketika menjalani laga Piala AFC 2013. 

© Raditya Erwiyanto/INDOSPORT
Striker andalan Persis Solo, Fery Anto saat dijatuhkan salah seroang pemain belakang Pusamania Borneo FC di kotak terlarang Stadion Mahanan, Solo, Jumat (03/10/14). Copyright: Raditya Erwiyanto/INDOSPORTStriker andalan Persis Solo, Fery Anto saat dijatuhkan salah seroang pemain belakang Pusamania Borneo FC di kotak terlarang Stadion Mahanan, Solo, Jumat (03/10/14).

Kala itu Persibo menjuarai Piala Indonesia tahun 2012 dan berhak mewakili Indonesia di Piala AFC 2013. Saat itu Stadion Bojonegoro tidak bisa digunakan lantaran kondisinya kurang representatif. Kemudian manajemen mengalihkannya ke Stadion Manahan yang lebih representatif dan memiliki standar Internasional.

Selain Persibo ada Persijatim Solo FC yang menggunakan Stadion Manahan. Tim tersebut memilih Stadion Manahan setelah terusir karena minim dukungan di Jakarta. Tercatat tim asal Jakarta timur itu menggunakan Stadion selama tiga tahun pada tahun 2001-2003. 

Kemudian tahun selanjutnya tim tersebut pindah ke Palembang setelah sahamnya dibeli oleh Pemprov Sumatera Selatan dan berganti nama menjadi Sriwijaya FC.

Selain dua tim tersebut Timnas juga beberapa kali menggunakan Stadion Manahan Sebagai hombase saat mennalani laga internasional. Diantaranya saat menjamu Palestina dan juga Filipina beberapa tahun lalu. 

465