Liga 1

Kalah dari PS TNI, Peluang Persipura Juara Liga 1 Musnah

Sabtu, 4 November 2017 18:07 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Joko Sedayu
© https://www.bola.net
Persipura Jayapura di Liga 1 Copyright: © https://www.bola.net
Persipura Jayapura di Liga 1

Peluang juara Persipura Jayapura akhirnya resmi tertutup rapat setelah ditundukan oleh tuan rumah PS TNI pada pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (04/11/17). Walau sempat mencetak gol lebih dahulu, Persipura mesti mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-1.

Dua gol PS TNI dicetak oleh Ahmad Noviandani pada menit ke-72 dan Manahati Lestusen pada menit ke-83. Sementara gol Persipura dicetak oleh Ardiles Haay pada menit ke-61. 

Sejatinya, sebelum pertandingan melawan PS TNI, Persipura secara hitung-hitungan masih memiliki kans untuk menjadi juara musim ini. Boaz Sollosa dkk nangkring di peringkat keempat terpaut empat poin dari pemuncak klasemen Bhayangkara FC yang mengoleksi 63 poin. 

Untuk itulah, jika Persipura bisa menang melawan PS TNI, maka seharusnya peluang juara masih bisa terjaga sambil tentunya berharap Bhayangkara tergelincir. Namun, hasil akhir sudah berbicara. Persipura ditundukan oleh PS TNI. 

© INDOSPORT
klasemen liga 1 pekan 32 Copyright: INDOSPORTklasemen liga 1 pekan 32

Dengan hasil ini Perspura masih tertahan di peringkat 4 klasemen sementara di bawah PSM Makassar dan terancam posisinya oleh Persija Jakarta yang berada di peringkat ke 5.. 

Jalannya Pertandingan:

Baik PS TNI mau pun Persipura saling jual beli serangan. Di awal babak pertama, PS TNI hampir unggul. Umpan silang yang diteruskan oleh Elio Martins berhasil dibelokan ke sisi kanan gawang Persipura. Namun, neruntung masih ada Ricardo Salampessy yang dengan sigap menghalau.

Persipura yang mengandalkan Boas Solossa sebagai ujung tombak terus mengandalkan serangan balik. Seperti biasa, sisi menjadi andalan dari Persipura setelah mereka beberapa kali membuat pertahanan PS TNI kocar kacir.

Skor kacamata bertahan hingga wasit Hasan Akrami yang berasal dari Iran meniupkan peluit tanda babak pertama usai.

Di babak kedua, pertandinga nberlangsung lebih seru terutama ketika Persipura berhasil membuka keunggulan melalui Ardiles Haay di menit ke 61. 

Skuat Mutiara Hitam, julukan Persipura, berhasil unggul dulu melalui gol yang dicetak Osvaldo Ardiles Haay pada menit ke-61.

Lalu, tak lama sesudah itu, pemain PS TNI, Ahmad Nufiandani sukses menyamakan skor pada menit ke-72. Akhirnya Gol kemenangan yang ditunggu tuan rumah hadir oleh bek Manahati Lestusen saat laga memasuki menit ke-83.

Pada pertandingan ini, empat kartu kuning telah dikeluarkan wasit Hasam Akrami yang memimpin pertandingan.

Tiga kartu kuning tersebut diganjarkan kepada pemain PS TNI, Safri Al Irfandi pada menit ke-11, Elio Bruno Teixeira Martins (39'), dan Ganjar Mukti (74').

Starting line-up PS TNI Vs Persipura Jayapura:

PS TNI: Teguh Amiruddin; Ganjar Mukti, Franklin Anzite, Andy Setyo, Abduh Lestaluhu; Ahmad Nufian Dani, Redoueane Zerzouri, Manahati Lestusen, Safri Al Irfandi, Wawan Febrianto; Elio Bruno Martins.

Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Persipura Jayapura: Yoo Jae-hoo; Yustinus Pae, Mauricio Leal, Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi, Ian Kabes, Nelson Alom, Osvaldo Haay, Izaac Wanggai; Boaz Solossa, Marinus Wanewar.

Pelatih: Wanderley Junior

469