Liga 1

Dikritik Banyak Pihak, Komdis PSSI Persilakan Bali United dan Mitra Kukar untuk Protes

Rabu, 8 November 2017 18:44 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI angkat bicara terkait banyaknya kritikan dan juga protes usai mengeluarkan keputusan kemenangan Bhayangkara FC atas Mitra Kukar. Komdis PSSI mempersilakan dengan baik protes yang diajukan oleh Mitra Kukar dan juga Bali United tetapi harus sesuai prosedur.

Sebagaimana diketahui, Komdis PSSI menilai bahwa Naga Mekes telah melanggar aturan dengan memainkan Mohammed Sissoko yang masih terkena hukuman saat menjamu Bhayangkara FC pada 3 November 2017 kemarin.

Laga yang saat itu berakhir dengan skor imbang 1-1 pun diubah menjadi kemenangan The Guardian dengan skor 3-0. Selain itu, Mitra Kukar juga diberikan denda sebesar Rp100 juta.

© istimewa
Surat putusan Komdis soal pemain ilegal Mitra Kukar Copyright: istimewaSurat putusan Komdis soal pemain ilegal Mitra Kukar.

Melihat banyaknya protes yang diajukan, pihak Komdis PSSI pun mengumbar bahwa mereka mempersilakan aksi protes itu.

"Saya tidak mengerti kenapa jadi ramai. Yang jelas, semua keputusan Komdis tidak ada aklamasi, pasti ada argumentasinya karena kami berlima. Kami harus bicara sesuai porsinya masing-masing sebelum membuat keputusan," kata anggota Komdis PSSI, Dwi Irianto, dikutip CNN Indonesia, (08/11/17).

"Semua sanksi Komdis pasti didahului dengan agenda dari federasi [PSSI] dan PT LIB atau para pihak yang mengajukan protes ke PT LIB atau PSSI. Dasarnya dari situ dulu. Kemarin ada protes dari Bhayangkara FC, harus kami sidangkan," jelasnya.

© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PSSI Copyright: Grafis:Yanto/Indosport.comLogo PSSI.

Sedikit informasi, putusan yang diberikan Komdis PSSI itu pun memberikan pengaruh besar bagi Bali United dalam perebutan juara Liga 1 musim ini. Pasalnya, peluang mereka semakin tipis usai Bhayangkara mendapatkan poin tambahan.

Saat ini, skuat asuhan Simon McMenemy merajai klasemen sementara dengan torehan 65 poin, jumlah poin yang sama dengan Serdadu Tridatu di posisi runner up. Hanya saja, Bhayangkara mempunyai dua laga sisa, sementara Bali United hanya menyisakan satu laga terakhir di pekan ke-34.

Oleh sebab itu, penentuan juara musim ini pun akan ditentukan pada malam ini, saat Bhayangkara bertandang ke markas Madura United, Rabu (08/11/17) malam WIB.