Liga 1

3 Calon Pengganti Umuh Muchtar di Persib Bandung

Kamis, 9 November 2017 16:44 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Joko Sedayu
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Umuh Muchtar tidak bisa berkegiatan di dunia sepakbola Indonesia selama 6 bulan. Lalu siapa yang akan menggantikan tugasnya di Persib Bandung? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Umuh Muchtar tidak bisa berkegiatan di dunia sepakbola Indonesia selama 6 bulan. Lalu siapa yang akan menggantikan tugasnya di Persib Bandung?

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, akhirnya dijatuhi sanksi oleh Komisi Disiplin PSSI karena tingkah laku buruk saat pertandingan melawan Persija Jakarta, Jumat (03/11/17) lalu.

Dalam sidang yang digelar Komdis PSSI pada Selasa (07/11/17), Umuh dijatuhi sanksi larangan beraktivitas sepakbola dalam kegiatan di lingkungan PSSI selama enam bulan dan denda Rp50 juta.

Sanksi itu mengacu pada Pasal 22 Kode Disiplin PSSI. Umuh dianggap bertingkah laku buruk pada laga Persija kontra Persib di Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/11/17).

Alasannya karena Umuh dianggap menjadi sosok yang paling bertanggungjawab atas insiden terhentinya pertandingan kontra Persija di Solo tersebut.

Umuh Muchtar dinilai terbukti memanggil para pemain Persib dari technical area ke pinggir lapangan. Tujuannya adalah untuk meminta pemain tidak melanjutkan pertandingan karena tidak puas atas kepemimpinan wasit.

© INDOSPORT/Arif Rahman
Umuh Muchtar. Copyright: INDOSPORT/Arif RahmanUmuh Muchtar.

Umuh Muchtar sendiri sudah sangat identik dengan Persib. Umuh sudah dari tahun 2008 menjadi manajer Persib Bandung. Ia juga menjadi salah satu pendiri PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) yang menaungi Persib saat ini. Bahkan, ia sempat menjadi Direktur Utama PT PBB, jabatan yang sekarang dipegang oleh Glenn Sugita. 

Di musim 2017 ini, Umuh memiliki jabatan sebagai Komisaris PT PBB  dan manajer tim Maung Bandung, selain juga masuk jajaran pendiri pendiri PT PBB.

Atas hukuman yang menimpa ini, maka jabatan manager Persib pun menjadi lowong. Untuk itu, siapa kiranya yang bisa menggantikan posisi Umuh Muchtar yang sudah sangat identik alias melekat dengan Persib Bandung ini?

131