Liga 1

Persiba Balikpapan vs Mitra Kukar 3-2: Persiba Menangi Derby Kalimantan

Jumat, 10 November 2017 21:27 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Hasil pertandingan Persiba Balikpapan vs Mitra Kukar. Copyright: © INDOSPORT
Hasil pertandingan Persiba Balikpapan vs Mitra Kukar.

Persiba Balikpapan berhasil menundukan Mitra Kukar dengan skor 3-2. Tiga gol milik Persiba dicetak oleh Bijahil Chalwa (menit ke-15), Srđan Lopicic (menit ke 49 - pen), dan Lourival Junior (menit ke-52). Sementara itu, 2 gol dari Mitra Kukar dihasilkan dari tendangan bebas Septian David Maulana (menit ke-19) dan sepakan jarak jauh Marclei Santos di menit ke-54.

Walau sudah tidak memberikan pengaruh hasil apapun, pertandingan antara tuan rumah Persiba Balikpapan dan Mitra Kukar di Stadion Batakan, Jumat (10/11/17) malam WIB, berlangsung ketat. Hal ini tak lain karena status Derby Kalimantan yang disematkan pada pertandingan tersebut. 

Pada putaran pertama keduanya berbagi skor imbang 2-2 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong. Persiba, yang sudah pasti terdegradasi pun setidaknya berhasil menjaga kehormatan mereka di laga pamungkas melawan tim sesama Kalimantan.

Babak I

Sejak peluit dibunyikan, kedua tim sudah bergantian menyerang satu sama lain. Persiba pun membuka keunggulan terlebih dahulu melalui tendangan Bijahil Chalwa di dalam kotak penalti Mitra Kukar. Namun, keunggulan ini tak berlangsung lama. Di menit ke-19, melalui free kick, pemain muda berbakat, Septian David Maulana melesatkan tendangan keras terukur yang tak mampu dihalau oleh Gerri Mandagi. 

Berhasil menyamakan kedudukan, Mitra Kukar pun mencoba terus melakukan serangan dengan bertumpu pada yogi Rahadian dan Septian David Maulana. Sementara di kubu tuan rumah, serangan bertumpu pada Marlon Da Silva serta Anmar Almubaraki. 

Di penghujung babak pertama, Mitra Kukar mendapat peluang melalui Bayu Pradana, namun sepakannya melebar di sisi kiri gawang Persiba yang dijaga Yoewanto Setya Beny. 

Tak lama, Persiba pun mendapatkan peluang melalui Lopicic. Namun sundulannya tak berhasil masuk ke gawang. Padahal Ravi sudah salah mengantisipasi bola. Sempat terjadi kericuhan sedikit antara Bayu Pradana dan Ilham sebelum akhirnya babak pertama ditutup dengan skor 1-1. 

Babak II

Di babak kedua laga berjalan lebih seru karena kedua tim bergantian menyerang serta kejar mengejar gol. Di awal babak kedua, pemain tengah Mitra Kukar, Bayu Pradana, terkena kartu merah. Persiba pun mendapat penalti di menit ke-49 yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Srđan Lopicic. Skor 2-1 untuk Persiba.

Tiga menit kemudian, atau menit ke-52, Persiba berhasil memperlebar jarak setelah Lourival Junior mencetak gol ke gawang Mitra Kukar. Skor menjadi 3-1. Namun, lagi-lagi, respon cepat ditunjukan Mitra Kukar. Pemain depan Mitra Kukar, Marclei Santos mencetak gol fantastis dari jarak jauh pada menit ke-54 untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2. 

Memasuki babak kedua, kedua tim bergantian menyerang. Persiba membangun serangan melalui Anmar Almubaraki, Iqbal samad di sisi, dan Lopicic di tengah. Pemain Tim Naga Mekes juga melakukan tekanan, melalui Anindito Wahyu yang melebar di kiri serta Oh Inkyun di tengah. 

Namun, secara keseluruhan, serangan lebih banyak dari Persiba. Baik di babak pertama maupun babak kedua pun Persiba lebih mendominasi bola.

Sempat terjadi kericuhan pemain lagi di menit ke-77 ketika Bijahil Chalwa dilanggar oleh Rizky Ramadhan. Al Mubarakhi dan Septian David Maulana pun sampai tersulut. 

Sampai peluit akhir dibunyikan, skor tetap 3-2 tak berubah untuk kemenangan Tim Beruang Madu. Dengan hasil ini, posisi kedua tim tidak berubah di mana Persiba terdegradsi ke Liga 2 dan Mitra Kukar ada di peringkat ke-10. 


Starting line Up Persiba: Yoewanto Setya Beny (GK), Iqbal samad, Junior Lopez,  Alfath Faathier, Srđan Lopicic, Bryan Cesar, M. Ilhamul Irhaz, Anmar Almubaraki, Marlon Silva,Bijahil Chalwa.

Starting Line Up Mitra Kukar:Gerri Mandagi; Wiganda Pradika, Jorge Gotor, Saepuloh Maulana, Joko Sidik, Bayu Pradana, Anindito Wahyu, Yogi Rahardian, Oh Inkyun, Septian David Maulana, Marclei Santos.

40