Bola Internasional

PSSI Jadi Sorotan, Malaysia Jadi Anggota Forum Liga Sepakbola Dunia

Jumat, 10 November 2017 02:46 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Asosiasi sepakbola Malaysia kini telah mampu menunjukan digdayanya sebagai asosiasi sepakbola yang paling berhasil mengelola liga domestik di Asia Teggara, dengan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menjadi anggota terbaru World League Forum (WLF).

World League Forum atau Forum Liga Dunia menyatakan Football Malaysia LLP (FMLPP) setelah kedua perwakilan menandatangani memorandum di Hotel Thistle, Johor Bahru.

Dalam kesepakatan tersebut M-League menjadi liga keempat dari Asia setelah J-League, Qatar Stars League, dan Saudi Profesional League.

Tunku Ismail sebagai perwakilan dari FMLPP menyebutkan jika terlibatnya Malaysia di WLF dapat membuka kesempatan untuk berkembang.

“Hal ini membuat kami dapat belajar lebih dan mengembangkan sepakbola lokal untuk meraih standar profesionalisme dan integritas dengan belajar dari negara lain yang telah maju dengan baik dalam manajemen dan pengembangan sepakbola,” ujarnya dikutip dari The Straits Time.

© Fourfourwo
Skuat Malaysia U-19. Copyright: FourfourwoSkuat Malaysia U-19.

Malaysia dijadikan anggota baru WLF karena dinilai telah memiliki struktur dan perencanaan pengembangan sepakbola lokal yang efisien untuk lima sampai 10 tahun ke depan di dalam organisasi sepakbola mereka.

Prestasi Malaysia dalam mengelola M-League berbanding terbalik dengan Indonesia yang kembali mengalami gonjang-ganjing di akhir musim Liga 1, setelah beberapa klub merasa dicurangi oleh mafia yang berada di tubuh PSSI.

210