Pensiun Jadi Pemain, Ponaryo Astaman Siap Latih Timnas Indonesia?

Senin, 13 November 2017 12:19 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter@PusamaniaBorneo
Ponaryo Astaman Copyright: © Twitter@PusamaniaBorneo
Ponaryo Astaman

Ponaryo Astaman memutuskan untuk pensiun dari lapangan hijau musim ini. Gelandang yang kini berusia 38 tahun tersebut memutuskan pensiun di hadapan para suporter Borneo FC, Sabtu (11/11/17) akhir pekan lalu usai menjamu Arema FC di Stadion Segiri, Samarinda.

Meski demikian, Gelandang yang malang melintang di persepakbolaan tanah air ini juga dikabarkan tengah fokus menyelesaikan kursus kepelatihan Lisensi A AFC yang sesuai jadwal akam berakhir Desember 2017 mendatang.

"Banyak yang saya dapat dari kursus kepelatihan. Mulai dari mengasah taktik, strategi, dan belajar hal lain. Saya coba bantu di Borneo FC sebagai tanggung jawab saya di tim," ujar popon sapaan akrabnya seperti dikutip dari Goal.com beberapa waktu lalu. 

Pemain yang juga pernah memperkuat Malaka Telekom (Klub Malaysia) ini mengungkapkan alasannya mengambil lisensi A AFC. Ia menilai hal tersebut merupakan kebutuhan karena sebelumnya telah memiliki lisensi C AFC dan B AFC.

Tandem Syamsul Chaeruddin di Timnas ini juga pernah mencetak satu gol di ajang Piala Asia 2004 dan membawa Indonesia mengukir kemenangan pertamanya di Piala Asia. Kala itu Indonesia menaklukkan Qatar dengan skor tipis 2-1.

© INTERNET
Ponaryo Astaman saat memperkuat Indonesia melawan Bahrain di Piala Asia 2004 di Shandong Sports Center, pada 25 Juli 2004. Copyright: INTERNETPonaryo Astaman saat memperkuat Indonesia melawan Bahrain di Piala Asia 2004 di Shandong Sports Center, pada 25 Juli 2004.

Atas penampilan memukaunya itu, ia kemudian diangkat menjadi kapten tim nasional dan memimpin laga garuda Merah Putih. Termasuk di Piala Asia 2007, di mana Indonesia termasuk salah satu tuan rumah bersama Thailand, Malaysia dan Vietnam.Bersama timnas, Ponaryo Astaman tercatat mengantongi 62 penampilan dan dua gol di berbagai ajang resmi internasional.

116