3 Pelatih Asing yang Bisa Bangkitkan Timnas Italia

Kamis, 16 November 2017 14:54 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Lanjar Wiratri
© Indosport.com
3 Pelatih Pengganti Ventura Copyright: © Indosport.com
3 Pelatih Pengganti Ventura

Era Giampiero Ventura sebagai pelatih Timnas Italia berakhir sudah. Dia dipecat karena gagal meloloskan Gli Azzurri ke Piala Dunia 2018, Rabu (15/11/17). Italia gagal melaju ke Rusia setelah kalah dari Swedia dengan skor total agregat 1-0.

Pelatih berusia 69 tahun itu menjadi pelatih pertama yang gagal membawa Azzurri ke Piala Dunia. Kegagalan ini membuat FIGC (otoritas sepak bola Italia) segera melakukan evaluasi besar-besaran, mengingat tim langganan juara setelah Brasil tersebut menjadi topik perbincangan dunia setelah takluk dari skuat The Blue-Yellow dan gagal terbang ke Rusia.

"Ketua FIGC, Carlo Tavecchio dan dihadiri staf lainnya telah melakukan pertemuan untuk membahas kegagalan Italia lolo ke Piala Dunia 2018," tulis pernyataan resmi FIGC.

© INDOSPORT
Pelatih Timnas Italia, Gian Ventura Copyright: INDOSPORTPelatih Timnas Italia, Gian Ventura

"Keputusan pertama, Tavecchio membicarakan pembinaan timnas Italia. Pada hari ini, Gian Piero Ventura bukan lagi pelatih timnas Italia," lanjut pernyataan tersebut. 

Kini posisi pelatih kepala Timnas Italia kosong melompong ditinggal Ventura. Lantas, siapa pelatih yang akan menangani Timnas Italia selanjutnya? Setidaknya, FIGC perlu melakukan langkah baru dalam mencari pelatih anyar.

Dipecatnya Ventura memperpanjang pelatih lokal yang gagal membawa Italia berprestasi di level internasional sejak tahun 2006 era Marcelo Lippi. Kini PSSI-nya Italia bisa mendatangkan juru taktik dengan sepak terjang menawan yang berasal dari luar Italia namun memiliki pengalaman bermain atau melatih di sepakbola Italia.

Berikut INDOSPORT mengupas 3 nama pelatih non Italia yang dinilai pantas menangani Gli Azzuri.

136