Liga 2

Persebaya 1-0 PSPS: Bajul Ijo Amankan Tempat di Semifinal

Sabtu, 18 November 2017 17:34 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persebaya Surabaya saat beragumen kepada wasit. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persebaya Surabaya saat beragumen kepada wasit.

Persebaya Surabaya berhasil mengamankan tiket ke semifinal Liga 2 setelah bersusah payah mengalahkan PSPS Riau di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Tim besutan Angel Alfredo Vera berhasil keluar sebagai pemenang pada laga tersebut dengan skor 1-0.

Dengan kemenangan ini, Persebaya makin mantap di puncak klasemen dengan perolehan enam poin. Mereka pun tinggal menunggu tim mana yang akan menemaninya ke babak semifinal Liga 2 mendatang.

Babak I

Persebaya Surabaya tampil menekan sejak menit awal pertandingan dengan permainan cepatnya. Tim berjuluk Bajul Ijo tersebut memanfaatkan lebarnya lapangan untuk mencuri angka dari lawannya.

Namun serangan yang dilancarkan Persebaya belum mampu menmbus jantung pertahanan PSPS Riau. Bahkan, gawang Persebaya mendapat ancaman lebih dulu dari tim berjuluk Askar Bertuah.

Pada menit sembilan, Herman Dzumafo melakukan sundulan ke gawang Persebaya. Namun usahanya masih mampu diredam oleh kiper Miswar Saputra.

Kedua tim memang menunjukkan permainan agresif. Tak jarang, wasit meniup peluit akibat benturan pemain di tengah lapangan.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persebaya Surabaya saat diganjar kartu kuning. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain Persebaya Surabaya saat diganjar kartu kuning.

Persebaya sebenarnya bisa membuka keunggulan pada menit 16 lewat tandukan Rishadi Fauzi. Namun wasit menganulir gol tersebut karena dianggap terjadi pelanggaran terlebih dahulu.

Beberapa menit kemudian, Persebaya pun sempat mendapatkan tendangan bebas dengan jarak hanya dua meter dari luar kotak penalti. Namun penyelamatan kiper Gianluca Pandeynuwu berhasil mengamankan gawangnya dengan baik.

Sebelum berakhir babak pertama, PSPS mulai memberikan tekanan pada pertahanan Persebaya. Para pemain Askar Bertuah mulai berani melancarkan tendangan langsung dari luar kotak penalti.

Ichsan Pratama mendapat peluang untuk melancarkan tendangan dari luar kotak penalti. Namun sepakannya masih lemah dan dapat dihentikan Miswar dengan mudah.

Meski tampil begitu agresif, namun kedua tim gagal mencuri angka di babak pertama. Hingga turun minum, skor kacamata masih menghiasi pertandingan babak delapan besar Grup Y Liga 2.

Babak II

Muhammad Sidik Saimima melakukan tendangan cukup keras dari luar kotak penalti memanfaatkan bola liar dari sepak pojok. Namun sepakannya masih jauh melambung di atas mistar gawang Gianluca.

Pada menit ke-57, PSPS kembali mendapatkan peluang. Kali ini giliran Victor Pae yang mencoba melancarkan sepakan dari luar kotak penalti. Namun usahanya masih melebar di kiri gawang Persebaya.

Peluang emas untuk Persebaya hadir pada menit ke-77, setelah Rizaldi Fauzi mendapatkan umpan manis. Namun tandukannya masih belum menemui sasaran.

Satu menit berselang, Rizaldi Fauzi kembali mendapatkan kesempatan setelah bebas berdiri tanpa pengawalan di depan gawang PSPS. Namun saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper, sontekan bolanya masih melambung di atas gawang.

Rizaldi Fauzi pun akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit 86. Tandukannya membuat kiper Gianluca tak berkutik sedikitpun. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Persebaya.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada gol tambahan yang tercipta. Persebaya pun sukses mendapat poin penuh dengan kemenangan 1-0 pada laga ini.

658