Ini Perbandingan Debut Spasojevic Dibanding Para Pemain Naturalisasi Lainnya

Senin, 20 November 2017 16:30 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ekspresi wajah Ilija Spasojevic saat gagal mengamankan peluang. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ekspresi wajah Ilija Spasojevic saat gagal mengamankan peluang. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Pemain asal Montenegro, Ilija Spasojevic, akhirnya resmi bisa membela Timnas Merah Putih setelah melalui proses naturalisasi. Bahkan, penyerang berusia 30 ini sudah langsung melakukan debut bersama timnas Indonesia. Dia bermain saat timnas Indonesia kalah 0-1 dari Suriah U-23 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (18/11/2017) lalu.

Debut Spaso pada laga melawan Suriah bisa dibilang tidak berjalan bergitu mulus. Ia Jarang mendapatkan kesempatan bagus untuk menyerang gawang tim nasional Suriah U-23, Spaso gagal membuat gebrakan di laga debutnya bersama Timnas Indonesia. 

Ia bermain selama 72 menit sebelum digantikan oleh Septian David Maulana. Sayang Skuat Garuda Nusantara harus kalah 0-1 dari tamunya tersebut.

Spaso mengaku senang bisa mewujudkan mimpinya membela Indonesia. Spaso pun mengucapkan rasa terima kasih kepada para fans dan optimismenya untuk menjalani laga selanjutnya bersama timnas melalui media sosial. 

Meski tak bisa berbuat banyak dan jarang mengancam gawang tim tamu, Spasojevic tetap mendapat pujian dari pelatih Luis Milla. Pemain 30 tahun itu dinilai punya sisi lain yang bisa menjadi contoh untuk pemain muda yang dipanggil ke Timnas.

Di Indonesia sendiri, ia bukan satu-satunya pemain yang dinaturalisasi dan bermain untuk timnas Garuda. Setidaknya ada 5 orang pemain naturalisasi lain yang pernah membela Panji Merah Putih. Lalu bagaimana debut mereka dibandingkan dengan Spasojevic?

696