Liga 2

Tak Ada Lagi yang ‘Nyeker’, Ini Penampilan Bonek Zaman Now yang Makin Keren

Kamis, 23 November 2017 15:38 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Dahulu Bonek kerap kali diidentikan sebagai kelompok suporter sederhana yang bermodalkan nekat demi mendukung langsung Persebaya. Bonek yang sering menyaksikan pertandingan di stadion pun terkadang tak menggunakan alas kaki alias ‘nyeker’.

Kultur sepakbola Indonesia memang belum semaju Eropa, sehingga wajar jika masih banyak supporter bermodalkan nekat yang tampil dengan gaya sederhana. Termasuk Bonek yang tanpa modal yang cukup mereka berani pergi ke mana pun untuk menonton langsung Bajul Ijo, julukan Persebaya, bermain.

Dilansir dari lawan Emosi Jiwaku, meski banyak Bonek yang memilih nyeker, bukan berarti mereka anak orang tak punya alias pengangguran. Namun kini, pemandangan Bonek yang menonton Persebaya di stadion tanpa menggunakan alas kaki tampaknya jarang terlihat lagi.

Akun Twitter @yantoresbona contohnya menunjukkan bagaimana penampilan Bonek ‘Zaman Now’ yang menggunakan sepatu kets alias sneakers. Tak ada lagi pemandangan Bonek yang nyeker alias tanpa alas kaki masuk ke dalam stadion.

Jelang pertandingan semifinal Liga 1 yang mempertemukan Persebaya vs Martapura FC, yang akan digelar pada, Sabtu (25/11/17), rombongan Bonek pun sudah bersiap datang ke Bandung demi menyaksikan langsung tim kesayangan mereka bermain.

Tak cuma Bonek lokal, Bonek dari luar negeri seperti asal Malaysia Bonek Malaysia juga bakal hadir langsung mendukung Green Force di GBLA. Mereka akan datang dalam dua kelompok, yakni pada H-1 Semifinal dan H-1 Final. Itu dikarenakan setiap anggota tidak memiliki jadwal cuti dan tanggal gajian yang sama.

2.4K