Piala Dunia 2018

4 Rekam Jejak Kontroversi Peru Jelang Perhelatan Piala Dunia

Jumat, 24 November 2017 13:52 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© The Sun
Foto pemain Peru diasapi sebagai salah satu ritual untuk lolos ke Piala Dunia. Copyright: © The Sun
Foto pemain Peru diasapi sebagai salah satu ritual untuk lolos ke Piala Dunia.

Kondisi tak mengenakkan tengah dihadapi oleh Timnas Peru jelang perhelatan Piala Dunia 2018. Dilansir dari Mirror (23/11/17) FIFA kabarnya akan membekukkan keanggotan Peru karena ada campur tangan pemerintah Peru ke federasi sepakbola mereka, FPF. 

Menurut laporan yang tersebar melalui surat kabar Peru, Libero, ada undang-undang yang diajukan oleh anggota kongres Paloma Noceda untuk menempatkan federasi sepakbola mereka di bawah kendali negara.

Namun sayangnya, hal itu bertentangan dengan aturan yang diberlakukan oleh FIFA. Pasalnya, FIFA siap menangguhkan tim dan anggota terkait dari kompetisi internasional jika adanya intervensi berlebihan dari pihak pemerintah.

© INDOSPORT
Skuat Timnas Italia, Peru dan logo FIFA. Copyright: INDOSPORTSkuat Timnas Italia, Peru dan logo FIFA.

Andai memang FIFA menjatuhkan sanksi tegas ke Peru, bukan tidak mungkin Peru akan kembali absen di perhelatan Piala Dunia setelah terakhir kali mentas di Piala Dunia 1982. 

Sepakbola Peru memang tergolong unik dibanding negara-negara tetangganya di Amerika Selatan. Meski memiliki segudang pemain berbakat, sepakbola Peru dari tahun ke tahun selalu diwarnai kejadian kontroversial. 

Berikut rekam kontroversi Peru jelang perhelatan Piala Dunia untuk pembaca setia INDOSPORT: 

868