Liga 2

Prediksi Persebaya vs Martapura: Pembuktian Siapa Paling Layak ke Liga 1

Jumat, 24 November 2017 20:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Martapura FC (Susunan Pemain). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPersebaya Surabaya vs Martapura FC (Susunan Pemain).

Persebaya lolos ke babak empat besar dengan menyandang status juara Grup Y di babak delapan besar usai menang atas PSIS Semarang, Mojokerto Putra dan PSPS Riau. Sedangkan Martapura melangkah hingga sejauh ini setelah menjadi runner up grup X mendampingi PSMS Medan.

Laga diprediksi berjalan panas karena pertandingan hanya bersifat sekali dan pemenang akan melaju ke final, yang artinya pemenang juga memastikan diri promosi ke Liga 1 musim depan. Belum lagi ada fakta lain kalau dua tim ini sudah saling bertemu di babak penyisihan grup 5 dengan catatan saling mengalahkan.

Persebaya menang 2-0 di kandangnya dan sebaliknya Martapura membalas dengan skor 2-1 di markasnya. Namun, nama terakhir memiliki satu masalah lantaran jelang laga besok, Salah seorang pemain pilarnya di sektor pertahanan yakni Erwin Gutawa harus absen.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Martapura FC (Lima Laga Terakhir). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPersebaya Surabaya vs Martapura FC (Lima Laga Terakhir).

Hal ini dikarenakan Erwin mendapatkan sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI berupa larangan tiga kali tampil bersama tim dan denda sebesar Rp 25 juta. Sanksi ini dikarenakan Erwin dianggap melakukan pelanggaran berat dengan mengangkat kaki terlalu tinggi, hingga lututnya mengenai kepala pemain Kalteng Putra yakni Dennis Buiney.

Di sisi lain, Persebaya siap bertarung dengan menjadi modal positif menuju usai selalu menang di grup Y dengan mencetak enam gol dan tanpa kebobolan. Pelatih Angel Alfredo Vera telah menetapkan untuk berupaya agar performa anak asuhnya terus membaik.

''Harus terus diingat, setiap momen dan situasi agar setiap peluang tidak terbuang sia-sia,'' tegas Alfredo.

Player to Watch

Irfan Jaya (Persebaya Surabaya) 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Martapura FC (Irfan Jaya). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPersebaya Surabaya vs Martapura FC (Irfan Jaya).

Striker muda milik Persebaya ini nampaknya harus dijaga ketat oleh pemain belakang Martapura. Dari semua gol Green Force sejauh ini, 12 gol diantaranya merupakan kontribusi pesepakbola asal Sulawesi Selatan itu. Irfan Jaya mencetak tujuh gol dan lima assist dalam 19 penampilannya.

Di laga semifinal nanti, diprediksi Persebaya akan memainkan skuat terbaik. Di mana Irfan Jaya kemungkinan ditopang dua winger cepat dan licin, Ricky Kayame maupun Rangga Muslim yang tentu saja memaksa lini belakang Martapura harus berpikir dan bekerja ekstra keras.

Aidil Bogel (Martapura FC)

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Martapura FC (Aidil Bogel). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPersebaya Surabaya vs Martapura FC (Aidil Bogel).

Striker senior Martapura, Qischil Gandrum Minny, tidak bisa diturunkan karena akumulasi kartu. Namun, ada nama lain yang tak kalah ganas yakni Aidil Bogel. Pemain ini pula yang pernah mempermalukan Persebaya pada penyisihan babak grup 5. Aidil sukses dua kali menjebol gawang Green Force untuk mengantarkan Martapura menang 2-1 pada pertemuan di babak grup 5. 

Kemenangan Martapura secara dramatis atas Kalteng Putra di babak delapan besar Liga 2 2017 Grup X di Stadion Singaperbangsa, Karawang juga tak lepas dari kontribusi Aidil Bogel. Gol bunuh diri Kalteng Putra atas nama Bursanudin Ahya di menit 64, bermula dari aksi Aidil yang melepaskan umpan ke mulut gawang yang tak bisa dihalau dengan baik.

Bogel sendiri tercatat sudah membukukan setidaknya tujuh gol semenjak tampil di babak penyisihan lalu. Dia berharap bisa terus menambah koleksi golnya agar timnya pun bisa menorehkan kemenangan di laga yang tersisa.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Martapura FC (Prediksi Indosport). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPersebaya Surabaya vs Martapura FC (Prediksi Indosport).
340