Liga Indonesia

Berburu Bakat Baru, PSM Makassar Sisir Indonesia Timur

Sabtu, 25 November 2017 18:52 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Rizky Pratama Putra
© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Robert Rene Albert (kiri) didampingi Asisten pelatih Budiarjo thalib (tengah) dan Syamsuddin batola, (kanan) saat memantau latihan para pemain PSM Makassar : Kamis, (02/06/2016) Copyright: © Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Robert Rene Albert (kiri) didampingi Asisten pelatih Budiarjo thalib (tengah) dan Syamsuddin batola, (kanan) saat memantau latihan para pemain PSM Makassar : Kamis, (02/06/2016)

Manajemen PSM Makassar tengah melaksanakan pemantauan bakat di wilayah Indonesia Timur. Kelima daerah tersebut di antaranya, Tulehu, Kupang, Kendari, Mamuju, dan Makassar.

Saat ini kegiatan tersebut tengah berlangsung di Kupang, Kendari dan Tulehu. Dilansir dari laman Twitter resmi PSM Makassar, pelatih Robert Rene Albert bahkan ikut menyeleksi calon pemain sepakbola di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sementara Talent Scouting di Kendari, Sulawesi Tenggara dipimpin oleh Bahar Muharram. Sedangkan di Tulehu, seleksi dilakukan di lapangan Matawaru, di pimpin Imran Amirullah, pelatih PSM Makassar U-19.

© Basri/INDOSPORT
Pemain muda PSM Makassar, Muhammad Arfan. Copyright: Basri/INDOSPORTPemain muda PSM Makassar, Muhammad Arfan.

Imran Amirullah mengungkapkan bahwa calon pemain di Ambon sangat antusias mengikuti seleksi. Bahkan, ada beberapa pemain yang rela menyeberang pulau untuk mengikuti Talent Scouting PSM Makassar. 

"Mereka sangat antusias, apalagi ada beberapa dari pulau-pulau kecil daerah sekitar Tulehu. Bahkan ada tiga orang yang dari Manokwari khusus datang untuk ikut seleksi," ujarnya seperti dikutip dari Sindonews Makassar.

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Asisten Pelatih PSM Makassar, Imran amirullah. Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTAsisten Pelatih PSM Makassar, Imran amirullah.

Setelah di 3 daerah tersebut, Tim Pelatih akan ke Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Sesuai jadwal, Talent Scouting akan dilaksanakan tanggal 1-3 Desember, pekan depan.  

Pendaftaran telah mulai dibuka sejak awal November lalu. Para pemain muda dengan usia dibawah 19 tahun dapat mulai mendaftarkan diri yang tautannya akan telah dibagikan di laman dan media sosial PSM Makassar. Adapun syarat usianya, yaitu pemuda yang lahir mulai 1 Januari 1999 sampai dengan 31 Desember 2001

"Tim pelatih akan langsung ke beberapa daerah di wilayah Indonesia Timur untuk melakukan talent scouting mencari pemain muda berbakat dan potensial di sepakbola," kata Media Officer PSM, Andi Widya Syadzwina seperti dikutip dari Superball.

"Selain mencari bakat baru untuk PSM U19, kami juga ingin membina pemain dengan usia 16-17 tahun sebagai bagian dari pembinaan sepakbola yang dilakukan oleh PSM Makassar," tambahnya. 

169