Serie A Italia

Gattuso, 'Si Badak Italia' yang Dipercaya Latih AC Milan

Senin, 27 November 2017 20:34 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/@acmilan
Gennaro Gattuso bersama para petinggi AC Milan. Copyright: © Twitter/@acmilan
Gennaro Gattuso bersama para petinggi AC Milan.

AC Milan telah resmi memecat Montella dan mengumumkannya lewat cuitan di akun Twitter mereka. Tak hanya mengumumkan pemecatan, Milan juga sudah memutuskan mengenai siapa yang akan menggantikan posisi Montella.

AC Milan menunjuk mantan pemainnya, Gennaro Gattuso di periode 1999 hingga 2013 yang sedang menjabat sebagai pelatih tim Primavera alias tim junior mereka.

Selama 14 tahun Gattuso telah setia menjaga lini pertahanan AC Milan di berbagai kompetisi. Selama 14 tahun itupun pria berusia 39 tahun tersebut mencatatkan 387 penampilan dengan 10 gol untuk I Rossoneri.

Di kariernya bersama Milan, Gattuso telah mempersembahkan total 7 piala, yaitu 2 piala Serie A, piala Coppa Italia, 2 piala Supercoppa Italia, trofi Piala Dunia Antarklub, dan 2 piala Liga Champions. Tak hanya itu, Gattuso juga mengawal tim nasional Italia dalam memenangkan Piala Dunia 2006.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESCaption

Gattuso sendiri dipercaya untuk menggantikan posisi Montella sebagai pelatih setelah dirinya baru menjabat beberapa bulan di kursi pelatih tim junior Milan. Meski baru beberapa bulan di Milan, namun Gattuso telah malang melintang di dunia kepelatihan.

Terhitung semenjak dirinya hengkang dari Milan di tahun 2013, Gattuso telah menjabat sebagai staff pelatih di beberapa klub seperti; Sion, Palermo, OFI Crete, dan terakhir ia berkarier di klub Pisa sebelum akhirnya melatih tim junior Milan di tahun 2017.

Hingga berita ini diturunkan, baik AC Milan, Montella, maupun Gattuso belum memberikan pernyataan resminya terkait pemecatan Montella dan pengangkatan Gattuso sebagai pelatih baru mereka.

Gattuso dikenal sebagai salah satu pemain yang cukup keras di atas lapangan dengan kekuatan fisik yang luar biasa. Semasa bermain, Gattuso yang pernah melatih klub Serie C Italia, itu mendapat julukan Rino yang berarti Badak.

13