Liga 2

PSMS Medan 2-3 Persebaya Surabaya: Bajul Ijo Juara Liga 2

Selasa, 28 November 2017 21:39 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Galih Prasetyo
© Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Persebaya Surabaya Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Persebaya Surabaya

Babak Pertama

Baru menit ke-3, PSMS Medan harus kebobolan gol cepat dari Rizhadi Fauzi yang memanfaatkan kelengahan lini pertahanan PSMS. Persebaya langsung unggul 1-0 atas PSMS padahal laga belum berjalan lima menit.

Laga langsung berjalan sengit sejak gol cepat Persebaya Surabaya. Lini serang PSMS Medan langsung menekan pertahanan anak-anak Surabaya. Hingga pada menit ke-9, PSMS mendapatkan tendangan penalti karena handball oleh salah satu bek Persebaya di kotak terlarang. I Made Wirahadi berhasil mencetak gol dari titik putih dan menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1.

Persebaya Surabaya mulai mendominasi permainan dengan mengandalkan duel-duel udara di pertahanan PSMS Medan. Namun sayang, beberapa kali peluang didapatkan lewat Rizhadi namun tidak ada yang berbuah gol untuk Bajul Ijo. Pertahanan PSMS yang dipimpin oleh Roni Fatahillah masih sulit ditembus hingga laga berlangsung selama 25 menit.

Persebaya terus mendominasi laga dengan serangan-serangan yang memanfaatkan kedua sisi sayap yang dikawal oleh Irfan Jaya dan Oktafianus. Pada menit ke-36, Irfan Jaya bermanuver ke tengah dan melepaskan tendangan keras, namun sayang bola masih melebar dari gawang Abdul Rohim.

Namun tiba-tiba pada menit ke-38, PSMS Medan mendapat tendangan bebas dari jarak yang cukup jauh dari gawang Persebaya. Percobaan dilakukan oleh Roni Fatahillah yang berhasil masuk ke gawang Miswar. Keunggulan 2-1 untuk PSMS Medan.

Memasuki menit ke-40, Persebaya mendapatkan peluang emas saat Rendi Irwan dijatuhkan oleh Fredyan Wahyu di kotak terlarang. Irfan Jaya yang dipercaya mengeksekusi tendangan penalti sempat gagal saat sepakannya ditepis oleh Abdul Rohim. Tapi pantulan bola mengarah kembali ke Irfan Jaya dan berhasil disarangkan ke gawang PSMS. Hasil imbang 2-2 untuk kedua tim.

Babak Kedua

Laga kedua berjalan dengan kedua tim memilih bermain lebih rapih, tidak seperti babak pertama. PSMS Medan berusaha menguasai jalannya laga dengan umpan-umpan pendek. Mencoba serangan-serangan dari kedua sisi sayap, kedua tim masih belum bisa menambah gol hingga memasuki menit ke-50.

Di pertengahan babak kedua ada perselisihan yang terjadi antara Roni Fatahillah dan Irfan Jaya. Bek PSMS itu akhirnya memperpanjang daftar pemain yang mendapat kartu kuning malam ini. Kedua tim masih berusaha mencari celah namun tidak ada yang benar-benar menghasilkan peluang matang hingga menit ke-72.

© Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Persebaya Surabaya Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPSMS Medan vs Persebaya Surabaya

Pada menit ke-76, Gusti Sandria yang baru dimasukkan melakukan kesalahan saat menggiring bola dari pertahanan. Untungnya kesalahan tersebut tidak menjadi sebuah gol untuk Persebaya karena bola keluar lapangan. Memasuki menit ke-80, bola kebanyakan dimainkan di lini tengah. Hingga pada menit ke-82, Persebaya mendapatkan tendangan bebas namun sayang sekali hanya menghasilkan tendangan sudut untuk Persebaya.

Tensi pertandingan mulai meningkat dalam 10 menit jelang laga berakhir. Tiga pemain Persebaya Surabaya terjatuh dalam kurun 10 menit terakhir laga. Dua menit tambahan waktu babak kedua, namun laga sempat terhenti karena Irfan Jaya masih tergeletak di sisi kanan pertahanan PSMS Medan. Hingga 90 menit waktu normal habis, laga berakhir dengan kedudukan 2-2 dan tidak ada gol yang tercipta di babak kedua. Laga harus dilanjutkan dengan dua kali babak perpanjangan waktu.

Extra Time Babak Pertama

Persebaya langsung membuka perpanjangan waktu babak pertama dengan gol cepat pada menit ke-91 lewat Irfan Jaya yang berada di sisi kanan gawang Abdul Rohim. Keunggulan 2-3 untuk Persebaya Surabaya.

PSMS langsung melancarkan berbagai serangan menusuk pertahanan Persebaya Surabaya. Namun hingga menit ke-97 belum ada gol tercipta untuk tim berjuluk Ayam Kinantan. 

Pada menit ke-98, Persebaya mendapatkan peluang matang saat Riki Kayame sendirian menghadapi Abdul Rohim. Namun peluang berhasil digagalkan oleh kiper PSMS. Perpanjangan waktu babak pertama harus berakhir dengan keunggulan 2-3 untuk Persebaya Surabaya lewat gol Irfan Jaya.

Extra Time Babak Kedua

PSMS Medan yang memulai perpanjangan waktu babak kedua langsung melancarkan serangan ke sisi kiri pertahanan Persebaya Surabaya. Namun sayang, peluang matang tak juga tercipta untuk PSMS Medan.

Persebaya terus memarkir bus mereka di lini tengah sehingga para pemain PSMS kesulitan menembusnya. Hingga pada menit ke-110, PSMS mendapat peluang emas saat kemelut di depan gawang Miswar namun masih saja gagal mencetak gol.

© Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Persebaya Surabaya Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPSMS Medan vs Persebaya Surabaya

Irfan Jaya kembali memiliki peluang untuk menambah keunggulan Persebaya di menit ke-112 namun bola masih melebar tipis di sisi kiri gawang Abdul Rohim. PSMS memiliki peluang pada menit ke-118 lewat umpan silang dari sisi kiri pertahanan Persebaya. Namun kembali keegoisan Wirahadi membuat PSMS gagal menyeimbangkan kedudukan.

Aksi  kasar dari Roni Fatahillah menjadi penutup untuk laga ini dengan kemenangan 3-2 untuk Persebaya Surabaya. Bajul Ijo keluar sebagai juara Liga 2 2017.

Susunan Pemain

PSMS Medan: Abdul Rohim; Wanda Syahputra, Roni Fatahillah, Fredyan W, Derry H; Legimin H, Suhandi, Dimas Drajad; Frets B, Wirahadi, Elton Maran

Persebaya Surabaya: Miswar; Andri M, Fandry Imbiri, Abu Rizal, Irfan F; Rendi Irwan, M. Hidayat, Adam Maula; Irfan Jaya, Rizhadi Fauzi, Oktafianus F

1.5K