Gelandang Real Madrid Diduga Terjerat Kasus Pengemplangan Pajak

Kamis, 30 November 2017 01:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© VI Images via Getty Images
Gelandang Real Madrid, Luka Modric tengah berselebrasi dengan Mateo Kovacic. Copyright: © VI Images via Getty Images
Gelandang Real Madrid, Luka Modric tengah berselebrasi dengan Mateo Kovacic.

Gelandang Real Madrid asal Kroasia Luka Modric diduga terjerat kasus penipuan pajak. Gelandang berusia 32 tahun itu dituduh mengemplang pajak sebesar 770 Ribu Pounds atau sekitar 13,8 Milliar Rupiah oleh Jaksa Spanyol. 

Jaksa di Spanyol mendapatkan kabar bulan lalu bahwa Modric memiliki "masalah finansial" yang tak diketahui otoritas pajakl Spanyol. Hal itu berdampak pada jumlah pajak yang seharusnya dibayar Modric di Spanyol. Istri Modric, Vadja, juga dituduh memiliki nilai pajak yang tak wajar oleh kejaksaan Spanyol. 

© Getty Images
Modric dan istrinya. Copyright: Getty ImagesModric dan istrinya.

Tuduhan penipuan pajak kepada Luka Modric menyeruak sehari setelah rekan setimnya Marcelo terlihat di Pengadilan Madrid dengan kasus pajak juga. Pemain Timnas Brasil itu didakwa menipu pajak sebesar 430 Ribu Pounds oleh otoritas hukum Spanyol. Marcelo diduga menggunakan perusahaan di luar Spanyol untuk mengurus pendapatannya dari hak siar. 

Kedua pemain Real Madrid menambah daftar panjang pesepakbola yang terjerat kasus pajak di Spanyol. Sebelumnya Lionel Messi dan ayahnya terbukti bersalah atas tiga kasus penipuan pajak senilai 3,4 juta Pounds. Selain Messi, nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Ricardo Carvalho, Angel Di Maria, Javier Mascherano, Fabio Coentrao serta Radamel Falcao juga menjadi target investigasi otoritas keamanan Spanyol. 

458