Jalani Laga Tsunami Cup 2017, Timnas Indonesia Minim Pemain Aceh

Sabtu, 2 Desember 2017 21:06 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana.

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia menurunkan pemain-pemain andal dari sejumlah daerah yang dipersatukan lewat timnas Garuda, untuk turut serta berlaga di ajang Tsunami Cup 2017, melawan tiga negara lainnya yang ikut berpartisipasi. 

Indonesia sendiri diperkuat dengan 24 pemain, dan sejumlah pemain senior yang turut turun ke lapangan adalah Andritany Ardhyasa, Fachruddin Wahyudi, dan Ilija Spasojevic. Seluruh pemain sendiri adalah pilihan langsung dari sang pelatih, Luis Milla. 

© Twiiter/@Luismillacoach
Luis Milla. Copyright: Twiiter/@LuismillacoachLuis Milla.

Tsunami Cup 2017 yang dihelat di Banda Aceh memang diselenggarakan dengan menjunjung tinggi misi solidaritas untuk memperingati bencana alam tsunami yang pada 2004 lalu menimpa masyarakat Aceh dan sejumlah daerah di sekitarnya.

Meski begitu, nampak kejanggalan dari line up pemain yang diturunkan oleh Luis Milla dalam turnamen tersebut. Melihat turnamen tersebut diadakan untuk masyarakat Aceh, namun timnas Indonesia begitu minim pemain berdarah serambi mekkah.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Caption Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTMiftahul Hamdi

Hanya ada nama Miftahul Hamdi, striker kelahiran kota Sigli, Pidie Aceh yang ikut memperkuat timnas Indonesia untuk berlaga di turnamen tersebut. Hal ini nampaknya butuh menjadi perhatian, melihat laga yang dihelat sebagai bentuk solidaritas untuk Aceh, namun tubuh timnas Indonesia hanya memiliki satu pemain berdarah Aceh. 

Di sisi lain, Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada Sabtu (02/12/2017) malam ini di stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Dan awal pekan nanti, rencananya Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Mongolia yang terlebih dulu berlaga melawan  Kyrgyzstan.

Kyrgyzstan sendiri tampil mengganas dalam laga pembuka solidaritas Tsunami Cup 2017, saat menghadapi Mongolia pada Sabtu sore ini. Skuat yang banyak diperkuat pemain Alay Osh itu menekuk habis Mongolia tanpa balas 3-0. 

814