Liga Primer Inggris

Sundulan Morata Bawa Chelsea Putar Skor di Babak Pertama

Sabtu, 2 Desember 2017 20:27 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Rizky Pratama Putra
© getty images
Alvaro Morata, striker Chelsea. Copyright: © getty images
Alvaro Morata, striker Chelsea.

Babak Pertama

Ketika peluit tanda laga dimulai berbunyi, Chelsea langsung mencoba mendominasi jalannya pertandingan. Sementara Newcastle United berusaha untuk merebut bola yang dikuasai oleh lini tengah The Blues. Laga yang berlangsung cukup ngotot itu langsung ditandai dengan pelanggaran dari Chancel Mbemba di daerah lini tengah Chelsea.

Pada menit ke-9, Mikel Merino mencoba peruntungan dengan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti, yang berhasil digagalkan oleh Courtois. Berawal dari tepisan sang kiper, Chelsea langsung melancarkan serangan balik namun sayang Alvaro Morata tidak mampu mengakhiri peluang dengan baik di depan gawang The Magpies.

Pada menit ke-12, publik Stamford Bridge terdiam dengan kejelian Dwight Gayle yang memanfaatkan tepisan Courtois. Courtois yang dalam posisi tidak siap harus rela gawangnya kebobolan karena kesalahannya mengantisipasi serangan satu lawan satu dari Murphy.

Chelsea terus melancarkan serangan demi serangan ke pertahanan Newcastle United. Pada menit ke-17 kiper Newcastle, Darlow melakukan penyelamatan yang luar biasa. Dia mampu menggagalkan Eden Hazard untuk mencetak gol padahal peluang Chelsea sangat besar untuk menyamakan kedudukan. Dua menit berselang, Chelsea seharusnya mendapatkan tendangan penalti namun wasit berkata lain. Morata terlihat dijatuhkan oleh Darlow saat ingin menjemput umpan silang Antonio Rudiger.

Tanpa diduga terus menekan pertahanan Newcastle, Chelsea akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Eden Hazard. Memanfaatkan pantulan dari peluang yang diselesaikan oleh Alvaro Morata, penggawa timnas Belgia itu berhasil mencetak gol dari jarak yang sangat dekat. Kedudukan menjadi imbang 1-1 dimenit ke-21.

Keunggulannya hanya bertahan beberapa menit saja, Newcastle langsung merubah strategi mereka dengan memainkan Ritchie dan Murphy lebih ke dalam. Keduanya diminta untuk menutup pergerakan Moses dan Alonso yang bergerak cukup leluasa di sisi samping pertahanan mereka.

Tidak mampu menutup pergerakan kedua pemain sayap Chelsea, Newcastle harus kecolongan saat kedudukan berbalik menjadi 2-1. Victor Moses yang dengan sigap memanfaatkan kesalahan bek di sisi kiri pertahanan Newcastle, langsung menusuk ke kotak penalti dan mengirimkan umpan ke depan gawang. Alvaro Morata lagi-lagi membuktikan ketokceran kepalanya dengan sundulan dan membawa Chelsea berbalik unggul pada menit ke-33.

Jelang lima menit babak pertama berakhir, Chelsea masih terlihat sangat kuat untuk seukuran Newcastle United. Tim asuhan Rafael Benitez sejauh ini hanya sibuk untuk mengatasi serangan-serangan dari The Blues. Bukannya meredam penguasaan bola Chelsea, Newcastle terus-terusan diserang di menit-menit terakhir babak pertama. Hampir saja kebobolan lagi, untungnya sundulan Morata berhasil digagalkan oleh bek Newcastle, Lejeune yang langsung membuang bola.

Hingga babak pertama berakhir, keunggulan masih milik Chelsea. Tidak hanya unggul di papan skor, Chelsea juga unggul hampir di semua aspek pada babak pertama. Mereka mendominasi jalannya pertandingan dan membuat Newcastle United benar-benar seperti sebuah tim promosi.

Susunan Pemain

Chelsea: T. Courtois; C. Azpilicueta, Christensen, A. Rudiger; V. Moses, N. Kante, Drinkwater, Fabregas, M. Alonso, E. Hazard; A. Morata

Newcastle United: K. Darlow; Manquillo, Clark, Lejeune, Mbemba; Ritchie, Merino, Diame, J. Murphy, A. Perez, D. Gayle

830