Liga 2 Indonesia

Terlalu! Ini Rataan Penonton Persebaya Kala Mengarungi Liga 2 2017

Minggu, 3 Desember 2017 12:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Emosi Jiwaku
Perayaan gelar juara Persebaya di Surabaya Copyright: © Emosi Jiwaku
Perayaan gelar juara Persebaya di Surabaya

Persebaya Surabaya menjadi kampiun Liga 2 2017 usai mengalahkan PSMS Medan di partai final. Kemenangan itu juga membuat Bajul Ijo untuk musim depan bermain di kompetisi tertinggi Liga Indonesia.

Usai memastikan diri promosi ke Liga 1 2018 mendatang, Persebaya Surabaya juga tercatat sebagai salah satu klub Liga 2 dengan jumlah rataan penonton terbanyak selama satu musim.

Menurut data dari Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan Persebaya, penonton yang hadir pada laga kandang Bajul Ijo, tepatnya di Stadion Gelora Bung Tomo musim 2017 mencapai 25-30 ribu penonton.

Jumlah tersebut sangat tinggi dari kebanyakan klub Liga 2. Bahkan pertandingan melawan Persigo Semeru FC, merupakan pertandingan dengan penonton terbanyak dengan disaksikan 46.359 orang.

© Indosport/Arif Rahman
Dukungan setia Bonek bagi Persebaya Surabaya di manapun mereka bermain. Copyright: Indosport/Arif RahmanDukungan setia Bonek bagi Persebaya Surabaya di manapun mereka bermain.

"Pertandingan ini mengalahkan rekor penonton pertandingan lawan PSIM yang disaksikan sekitar 45 ribu penonton," ungkap Ketua Panpel Persebaya, Patriot Mariefulsyah seperti dilansir Jawa Pos.

Selain itu penonton Persebaya Surabaya pada musim depan diprediksi akan meningkat drastis. Apalagi lawan-lawan di Liga 1 memiliki basis suporter yang sangat banyak, seperti Persija, Persib, Arema FC, dan Bali United.

© Indosport/Arif Rahman
Suporter fanatik Persebaya Surabaya, Bonek. Copyright: Indosport/Arif RahmanSuporter fanatik Persebaya Surabaya, Bonek.

"Lawannya tim-tim besar yang sarat sejarah. Apalagi Persebaya juga akan berjumpa Arema FC dalam derby besar Jawa Timur," sebut Sekretaris tim, Ram Surahman.

Sekadar informasi suporter fanatik Persebaya, yaitu Bonek Mania memang terkenal dengan fans yang sangat fanatik dengan tim kebanggaannya. Mereka rela datang ke laga tandang demi menonton langsung Bajul Ijo berlaga.

353