Pertiwi Cup 2017

Laga Pembuka Pertiwi Cup: Papua Menang Telak 11-0

Senin, 4 Desember 2017 05:29 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Abdurrahman Ranala
© PSSI
Tim Peserta Pertiwi Cup Copyright: © PSSI
Tim Peserta Pertiwi Cup

Turnamen sepakbola wanita tertinggi di Indonesia resmi digelar. Pertiwi Cup 2017 akan berlangsung 3-14 Desember 2017, di Palembang. Kompetisi bertajuk Women's Football Road To Asian Games itu akan diikuti 12 peserta.

Dilaga pembuka, empat tim berhasil meraih kemenangan di ajang Pertiwi Cup 2017. Keempat tim itu adalah Kalimantan Barat, Sumatra Selatan, Papua, dan Bangka Belitung. Keempat tim itu berhasil mengalangkan lawannya dengan skor telak.

Pertandingan pembuka digelar di Stadion Bumi Sriwijaya, provinsi Kalimantan Barat berhasil menang dengan skor meyakinkan atas provinsi Jambi 8-1. Selanjutnya, sang tuan rumah Sumatra Selatan berhasil menang 2-0 atas provinsi Sulawesi Selatan.

© INDOSPORT/Muhammad Effendi
Tim Putri Sumatera Selatan Copyright: INDOSPORT/Muhammad EffendiTim Putri Sumatera Selatan

Dilaga lain yang digelar di Stadion Bumi Sriwijaya, juara bertahan Papua berhasil menang dengan skor telak 11-0 atas provinsi Bengkulu. Sedangkan, provinsi Bangka Belitung berhasil mengandaskan perlawanan provinsi Banten 5-1.

Format turnamen Pertiwi Cup 2017 menggunakan sistem setengah kompetisi, dimana 12 tim itu akan dibagi menjadi empat grup. Dua tim teratas tiap grup akan melangkah ke babak delapan besar. 

Turnamen Pertiwi Cup juga menjadi ajang test even jelang Asian Games 2018 atau dalam artian untuk mengetes kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan cabang sepakbola wanita di ajang empat tahunan tersebut.

Tak hanya itu, dari ajang Pertiwi Cup  PSSI juga ingin mencari talenta-talenta terbaik untuk pembentukan Timnas Wanita Indonesia di tahun 2018.

© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Ratu Tisha dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19. Copyright: Wildan Hamdani/INDOSPORTRatu Tisha dalam preskon di kantor PSSI.

"Ajang tersebut sekaligus menguji coba kerja sama kepanitiaan PSSI dan asosiasi provinsi Sumatra Selatan," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

"Selain itu, melalui Pertiwi Cup ini, kami ingin membangkitkan lagi pengembangan sepakbola perempuan di seluruh daerah di Indonesia dan juga jadi ajang seleksi buat Timnas Wanita tahun depan di Asian Games," tutupnya.

Pembagian Grup Women’s Football Road To Asian Games Pertiwi Cup 2017

Grup A: Kalimantan Barat, Jambi, Jawa Barat

Grup B: Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta

Grup C: Bengkulu, Papua, Bali

Grup D: Jawa Tengah, Banten, Bangka Belitung

511