Tak Hanya Ryuji Utomo, 4 Pemain Indonesia Ini Pernah Merumput di Liga Thailand

Selasa, 5 Desember 2017 16:54 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Indosport.com
Logo Thai League. Copyright: © Indosport.com
Logo Thai League.

Kepindahan Ryuji Utomo ke salah satu klub Liga Thailand PTT Rayong menjadi berita hangat beberapa hari belakangan ini. Pemain Timnas U-23 tahun itu memutuskan untuk meninggalkan Persija Jakarta dan bergabung dengan Klub Thailand. 

Meski hanya akan bermain di kasta kedua Liga Thailand, Ryuji Utomo tak mempermasalahkan itu. Karena ia memiliki alasan sendiri untuk bermain di luar negeri. "Alasan Ryuji main di luar negeri adalah untuk menambah pengalaman internasional dan untuk membiayai keluarganya. Khusus nya ayah nya yang sedang sakit," ujar agen Ryuji Utomo, Gabriel Budi. 

Ruji Utomo sebenarnya bukanlah pemain pertama yang merumput di Liga Negeri Gajah Putih tersebut. Sebelum Ryuji, ada beberapa nama pemain yang lebih dulu merumput di Liga Thailand. 

© istimewa
Ryuji Utomo resmi bergabung dengan klub Thailand Copyright: istimewaRyuji Utomo resmi bergabung dengan klub Thailand.

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan pemain memutuskan untuk bermain di luar negeri. Salah satunya adalah faktor gaji, klub yang ada diluar Indonesia memang beberapa menawarkan gaji yang lebih tinggi. Selain gaji, fasilitas pun menjadi faktor pertimbangan bagi seorang pemain untuk merumput di luar negeri. Beberapa faktor itulah yang menjadi daya tarik bagi pemain Indonesia untuk merumput di luar negeri seperti Liga Thailand. 

Berikut ini INDOSPORT telah merangkum beberapa pemain Indonesia yang pernah merumput di Liga Thailand. 

275