LIGA 1

Eks Persib Prihatin, Banyak Bakat Muda yang Minim Menit Bermain

Selasa, 5 Desember 2017 09:49 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Agus Dwi Witono
© Google
Suwitha Patha Copyright: © Google
Suwitha Patha

Suwitha Pata, eks penggawa Maung Bandung baru-baru ini soroti bakat-bakat muda Persib yang jarang dimainkan. Menurut WIta, sapaan akrabnya, Persib selalu menargetkan juara. Sehingga jatah bermain para pemain muda akan dibatasi pelatih. Padahal sebenarnya banyak talenta muda Maung Bandung yang cukup mumpuni.

"Kadang-kadang (pelatih) melihatnya satu sisi saja. Karena pemain itu, satu masih muda, yang keduanya belum berpengalaman. Itu mungkin yang jadi pertimbangannya," katanya Suwitha, dilansir bobotoh.id. "Jadi kadang-kadang di tim itu pengennya (pemain) yang langsung jadi."

Menurutnya memang hal wajar jika tim yang menargetkan juara seperti Persib selalu memainkan pemain yang berpengalaman. Namun untuk jangka panjang, Wita menyarankan agar pemain muda binaan Persib bisa mendapat kesempatan lebih banyak.

© Persib.co.id
Caption Copyright: Persib.co.idU-19 Persib Bandung

"Kebanyakan tim yang tujuannya harus juara, otomatis mereka mempersiapkan pemain yang sudah jadi. Tapi kalau jangka panjang ya pemain muda. Tergantung manajemennya, apakah langsung target juara, apa jangka panjang," tuturnya.

"Intinya mah banyak bertanding, diberi kesempatan bermain terus, karena itu akan menambah jam terbang. Untuk menjadi pemain yang matang itu dari pertandingan. Biarpun pemain bagus tapi jarang dimainkan ya susah. Jadi kuncinya harus dimainkan. Termasuk Henhen, Febri itu kan sering dimainkan (jadi makin matang)," tutup Wita.

272