Piala Indonesia

PT LIB Minta PSSI Batalkan Piala Indonesia?

Selasa, 12 Desember 2017 10:40 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memohon kepada PSSI agar Piala Indonesia 2018 dibatalkan. Permintaan itu dibuat karena menurut PT LIB, jadwal liga untuk musim 2018 sudah terlalu padat.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha sebelumnya mengumumkan bahwa Piala Indonesia akan bergulir. Turnamen yang berjuluk Copa Indonesia tersebut dijadwalkan digelar sebelum kompetisi Liga 1 dimulai.

Memang, di tahun depan agenda timnas Indonesia begitu padat. Mulai dari Asian Games, Piala AFF, Piala Asia U-19, Piala AFF U-18, hingga Piala AFF U-15 yang semuanya dihelat di Tanah Air. 

Chief Operation Officer LIB, Tigorshalom Boboy pun mengungkapkan konsep Piala Indonesia masih belum jelas. Rencananya, Piala Indonesia sendiri akan diikuti oleh semua klub dari Liga 1, 2 hingga 3 yang ada di Tanah Air.

© INDOSPORT/Zainal Hasan
COO PT LIB, Tigor Shalom Boboy. Copyright: INDOSPORT/Zainal HasanCOO PT LIB, Tigor Shalom Boboy.

"Jika Piala Indonesia dijalankan, pastinya klub akan 'teriak'. Apalagi format sendiri kita juga belum tahu. Sekali lagi penyelenggaraan ini harus matang karena banyak pertimbangan," kata Tigor, dilansir dari instargam @pengamatsepakbola.

Liga 1 sendiri akan dijadwalkan pada Februari 2018 mendatang. Sementara Timnas Indonesia akan menghadapi Asian Games 2018 dan Piala AFF.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Timnas Indonesia saat melawan Guyana. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimTimnas Indonesia saat melawan Guyana.

"Salah satunya banyak event timnas segala level main di tahun depan. Melihat jadwal yang ada di tahun 2018 sangat padat, Saya sarankan perhelatan ini dipikir kembali," ia menambahkan.

Piala Indonesia pertama kali dihelat tahun 2005 ketika itu Arema Malang yang keluar sebagai juaranya. Terakhir diadakan tahun 2012 lalu dengan Persibo Bojonegoro sebagai juara.

259