Liga Inggris

Curhat, Mourinho Banding-Bandingkan MU dan Real Madrid

Sabtu, 16 Desember 2017 03:05 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho.

Jose Mourinho baru-baru ini menyatakan bahwa tugas yang dia emban di Manchester United hampir sama saat dirinya menukangi Real Madrid. Hal itu terkait ekspektasi tinggi yang diterapkan manajemen Setan Merah.

Pihak klub memang menuntut kinerja Mourinho untuk mengembalikan kejayaan tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Mengingat, setelah kepergian Sir Alex Fergusson, Manchester United tak lagi menjadi tim yang menakutkan di Liga Primer Inggris.

Mantan pelatih Chelsea tersebut pun sadar betul dengan tuntutannya di Manchester United. Pasalnya, Setan Merah memiliki sejarah panjang hingga membuatnya menjelma sebagai raksasa Inggris.

“Saya tahu bahwa pekerjaan ini tidak mudah. Saya sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Anda menuju ke klub dengan sejarah besar, di mana orang-orang melihat sejarahnya dan tidak pada masa saat ini. Ekspektasinya tinggi, tapi pekerjaannya sulit,” ujarnya, dikutip Soccerway.

©
Sergio Ramos (kanan) dan Jose Mourinho saat masih melatih Real Madrid. Copyright: Sergio Ramos (kanan) dan Jose Mourinho saat masih melatih Real Madrid.

“Tapi, saya mempunyai pengalaman itu sebelumnya. Saat saya pergi ke Real Madrid, kami ada dalam momen sulit. Sudah lama tak memenangi gelar, bahkan tak sampai di babak perempatfinal Liga Champions,” tambahnya.

Mourinho pun menganggap hal ini sebagai pembelajaran dirinya untuk meingkatkan kualitasnya sebagai seorang pelatih. “Ini Bagus buat perkembangan saya sebagai seorang manajer, yang merupakan suatu hal yang selalu saya coba lakukan,” lanjutnya.

839